2. Temukan Hashtag yang Trending
Dengan menemukan hashtag yang sedang populer, trending, dan relate dengan konten marketing brand, hal ini bisa membantu mempertahankan konten selalu ada dalam jangkauan pengguna media sosial.
Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengamati tab explore. Pada tab tersebut, cari tahu sebanyak mungkin mengenai berbagai postingan yang sedang digemari masyarakat, termasuk hashtag yang trending.
Ada banyak tools yang bisa membantu Anda menemukan hashtag yang sedang populer, lengkap dengan matriksnya.
Anda bahkan dapat menggunakan tools tersebut sesuai kebutuhan, mulai dari melakukan riset, serta membuat hashtag sendiri yang masih sesuai dengan produk atau layanan yang hendak dipromosikan.
Selain itu, Anda juga bisa membuat postingan tidak tenggelam dalam banyaknya konten yang dibuat orang lain dalam satu hari.
3. Ikuti Hashtag
Di Instagram sekarang bisa mengikuti hashtag. Tujuannya, supaya Instagram menyeleksi postingan di explore sesuai dengan hashtag yang Anda ikuti.
Dengan cara ini, Anda bisa melakukan riset kecil mengenai brand lain, apa yang mereka lakukan dalam penerapan digital marketing strategi dan siapa saja influencer yang menggunakan hashtag tersebut.
4. Buat Hashtag Brand Anda Sendiri
Alih-alih hanya mengikuti hashtag populer, alangkah baiknya Anda mulai membuat sendiri untuk brand Anda. Untuk itu, buatlah tagar yang unik, mudah diingat, bahkan bisa pula yang lucu, sehingga menarik perhatian audiens.
Ketika banyak orang menggunakan tagar yang sama, maka brand Anda pun jadi mudah mereka temukan di explore Instagram atau TikTok.
5. Memantau Performa Masing-masing Hashtag
Anda bisa menggunakan tools untuk melacak performa hashtag dan mengetahui mana yang berpengaruh bagus untuk marketing campaign Anda di media sosial.
Dengan menggunakannya, Anda bisa memeriksa berbagai data yang dibutuhkan dalam mengevaluasi campaign, mulai dari reach yang dihasilkan, engagement yang terjadi dari tag, termasuk pergerakan kompetitor.