KNOWLEDGE
MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Tips Agar Video Reels Instagram Tidak Pecah

15 Dec  · 
1 min readdd
 · 
467  
Social Media

redcomm

Bagaimana agar video di Instagram tidak pecah? Video yang pecah atau blur saat diunggah ke Instagram Reels bisa jadi karena banyak faktor. Misalnya, karena kompresi otomatis saat file video Anda unggah ke Instagram, proses editing yang tidak sesuai standar IG Reels, pengaturan data saver Instagram, dan sebagainya. Cek di sini yuk tips agar video yang Anda unggah ke Instagram Reels tidak pecah.

Ini yang Perlu Anda Lakukan Agar Video Instagram Reels Tidak Pecah dan Blur

Menggunakan Kamera Bawaan Smartphone atau Kamera Profesional

Merekam langsung melalui aplikasi Instagram memang terlihat praktis. Namun, jika ingin hasil video Reels Instagram tidak pecah, Anda perlu melakukan proses perekaman video menggunakan kamera bawaan smartphone atau menggunakan kamera profesional, seperti DSLR, Mirrorless, dan lainnya. Ini berkaitan dengan kualitas perekaman yang lebih baik. Jangan lupa, ubah pengaturan kamera untuk video menjadi 4K atau kualitas tinggi. Tujuannya, supaya saat pengunggahan dan video mengalami kompresi otomatis dari aplikasi Instagram, kualitas video tetap bagus. 

Proses Editing Sesuai Standar Instagram Reels

Jika tidak menemukan pengaturan kamera untuk resolusi tinggi, Anda bisa menggunakan bantuan software atau aplikasi editing video. Ada banyak aplikasi android maupun iOS yang bisa Anda gunakan untuk edit video Reels, seperti InShot, CapCut, atau FilmoraGo. Selain itu, pastikan format video sesuai standar Instagram Reels, yaitu:

  • Aspek ratio 9:16.
  • Frame rate tidak melebihi 30 FPS.
  • Format file MP4.
  • Durasi maksimal 60 detik.
  • Ukuran file tidak lebih dari 15 MB.

Matikan Pengaturan Data Saver di Instagram

Data saver di Instagram bertujuan agar pengguna lebih hemat kuota internet. Namun, efeknya bisa mengurangi kualitas video Reels saat proses pengunggahannya. Untuk mematikan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Masuk ke akun Instagram Anda
  • Ketuk menu profil
  • Pilih titik tiga di bagian atas
  • Pilih pengaturan atau settings
  • Pilih menu account
  • Tekan di bagian cellular data use atau penggunaan data selular
  • Pastikan pada bagian data saver, toggle-nya sudah abu-abu atau nonaktif.

Upload Melalui Komputer atau Desktop

Upaya lain yang bisa Anda lakukan supaya kualitas video Reels tetap bagus adalah melakukan proses mengunggah video melalui perangkat laptop, komputer, atau desktop. Sebab, pada perangkat mobile ada kompresi otomatis yang memang bertujuan untuk penggunaan yang lebih cepat dan praktis.

Oh ya, untuk bisa mengunggah video Instagram Reels melalui dekstop, Anda memerlukan aplikasi pihak ketiga, yaitu INSSIST | Asisten Web untuk Instagram. Aplikasi ini berbentuk ekstensi di Google Chrome Web Store dan bisa Anda gunakan secara gratis sebanyak dua kali.

Pastikan File yang Diunggah Bukan Berasal dari Kiriman Melalui Media Sosial Lain

Sering mengunggah video Reels yang dikirim melalui aplikasi chat di WhatsApp? Usahakan hindari kebiasaan ini ya. Pengiriman atau transfer video menggunakan media sosial lain, seperti WhatsApp, akan mengurangi kualitas video karena adanya kompresi otomatis. Artinya, kalau Anda ingin kualitas video Anda tetap terjaga, pastikan transfer melalui USB atau Google Drive.

Selain kelima langkah di atas, Anda juga perlu memperhatikan kecepatan dan kestabilan koneksi internet kalau tak ingin video Instagram Reels yang Anda unggah terlihat pecah atau blur. Alasannya, Instagram punya fitur canggih selain data saver yang berguna untuk memudahkan penggunanya. Ketika Instagram mendapati koneksi internet yang Anda gunakan lambat, maka secara otomatis Instagram akan menurunkan kualitas video.saat proses upload. Selain tips agar video reels Instagram tidak pecah, masih banyak lho panduan lain terkait konten Instagram. Yuk, baca juga artikel berikut ini: Mau Instagram Feed Terlihat Keren? Ini Caranya!


RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

RELATED TOPIC