Ketika Anda menciptakan dan meluncurkan suatu produk, kemudian berniat memasarkannya dengan tujuan mendapatkan keuntungan, tentu Anda sudah tahu target pasar yang dituju. Agar upaya Anda mempromosikan dan memasarkan produk apa pun yang Anda luncurkan bisa berjalan sukses, berikut 4 jurus promosi jitu merebut perhatian generasi milenial. 

 

Generasi Milenial dan Perkembangan Bisnis Berkelanjutan

Mengapa perlu menyasar pasar milenial? Ini pertanyaan yang banyak diajukan oleh pebisnis pemula. Jawaban atas pertanyaan ini tentu saja, masa sekarang memang didominasi generasi milenial. 

 

Dalam salah satu hasil penelitian yang pernah dilakukan oleh Snapchart menemukan bahwa pengguna e-commerce yang paling banyak di Indonesia berasal dari kalangan generasi milenial berusia 23-34 tahun dengan persentase mencapai 50% pangsa pasar. Sementara generasi Z yang berusia 15-24 tahun berjumlah kurang lebih 31% dan sisanya meliputi generasi X dengan rentang usia 35-44 tahun dan generasi baby boomers yang saat ini berusia 45 tahun ke atas. Dari hasil riset ini bisa dilihat dengan jelas, generasi milenial adalah pasar potensial yang sudah seharusnya dibidik berbagai perusahaan dalam mempromosikan dan menjual produk maupun jasa. 

 

Hanya saja, perlu trik khusus untuk mendapatkan perhatian mereka, apalagi menjaga mereka agar tetap menjadi pelanggan setia. Penyebabnya, generasi milenial adalah generasi yang dinamis dan terbiasa dengan segala sesuatu yang praktis, instan, dan menyukai kemudahan. Mereka juga terbiasa multi tasking, dan mampu menyelesaikan berbagai permasalahan mereka hanya dengan gadget di tangan. 

 

 

Sering yang terjadi, pebisnis hanya fokus pada bagaimana membuat generasi milenial membeli produk mereka, tanpa mau mengenali perubahan serta gaya hidup para milenial. Generasi milenial hanya dijadikan sebagai target pasar atau konsumen semata, sehingga fokus pada konten yang mengulas tentang product knowledge semata. Itulah sebabnya, cukup banyak pengusaha pemula yang akhirnya gagal menggaet dan menjadikan generasi milenial sebagai “partner bisnis” yang bisa menciptakan perkembangan bisnis berkelanjutan.

 

4 Jurus Promosi Jitu Merebut Perhatian Generasi Milenial

Apakah Anda juga ingin melakukan promosi untuk merebut perhatian generasi milenial dan menjadikan mereka sebagai pelanggan setia produk dan bisnis Anda? Jika iya, berikut 4 jurus promosi jitu merebut perhatian generasi milenial dan menjadikan mereka pelanggan yang setia dengan brand atau produk apa pun yang Anda tawarkan.

 

  1. Up to Date dengan Gaya Hidup dan Kebutuhan Mereka

Penting bagi Anda untuk selalu up to date terhadap semua perubahan teknologi dan kebutuhan para generasi milenial. Jika perlu, bahkan Anda perlu tahu bintang Kdrama, Boyband, atau artis dalam negeri yang mereka idolakan, lagu apa yang sedang jadi tren, film seperti apa yang bisa viral seketika, dan sebagainya. 

 

 

Manfaatkan pula teknologi yang ada saat ini, karena bagaimanapun generasi milenial tak bisa lepas dari yang namanya teknologi. Mereka bergerak dinamis seiring dengan kemajuan teknologi. Anda perlu memantau mereka dengan cara yang sama, yaitu memanfaatkan teknologi pula. 

 

Caranya, cari tahu media sosial mana yang paling digemari oleh generasi milenial. Kemudian, pelajari cara mereka berinteraksi. Konten seperti apa yang mereka sukai dan yang bisa menarik perhatian mereka. Setelah Anda menemukan semua jawaban atas pertanyaan ini, buatlah satu konten sesuai dengan hasil analisis Anda sebelumnya dan olah dengan menyisipkan promosi yang softselling

 

  1. Lakukan Pendekatan Melalui Kelompok atau Komunitas

Generasi milenial berpikiran terbuka dan senang berada dalam komunitas, untuk berbagi cerita, bertukar pikiran dan pengalaman, bahkan bekerja sama. Akan sangat mudah menemukan mereka dalam kelompok atau komunitas sesuai dengan minat maupun kesukaan mereka. 

 

Jika produk Anda adalah produk kesehatan, cobalah lakukan pendekatan melalui komunitas sepeda, komunitas jogging atau komunitas yang fokus pada kegiatan outdoor. Sementara, jika produk Anda adalah produk yang berhubungan dengan traveling, kuliner dan sejenisnya, maka masuklah ke komunitas backpacker atau komunitas traveling lainnya. 

 

Intinya, lakukan pendekatan melalui komunitas-komunitas milenial yang ada di sekitar Anda untuk bisa menjangkau target pasar milenial tersebut. Jangan ragu pula, untuk menciptakan sesuatu yang baru, yang sesuai dengan gaya hidup mereka, jika hal tersebut memang dibutuhkan untuk menarik perhatian mereka. Biasanya, kaum milenial lebih terbuka dalam menerima sesuatu yang baru jika berkaitan dengan kebutuhan mereka. Jadilah pengusaha yang cerdas dan selalu berpikiran terbuka layaknya target pasar milenial Anda.

 

  1. Berikan Program Reward

Kaum milenial biasanya lebih senang jika dilibatkan secara langsung dalam proses bisnis itu sendiri. Mereka lebih menghargai pengusaha-pengusaha yang mengedepankan pendekatan langsung. Contohnya, ketika pengusaha memanfaatkan media sosial untuk berbagi reward langsung kepada pengikutnya, maka tanpa diminta pun mereka akan ikut berperan serta. Kaum milenial senang mendapatkan peluang untuk memperoleh reward dan hal ini bisa menciptakan keterikatan dengan brand Anda. Selain itu, banyak di antara mereka yang akan tetap bertahan dalam lingkaran bisnis Anda ketika mengetahui ada banyak keuntungan yang bisa mereka dapatkan. 

 

 

  1. Bekerja sama dengan Influencer yang Generasi Milenial Sukai

Target pasar milenial biasanya mudah dipengaruhi oleh influencer-influencer yang mereka ikuti di beragam platform media sosial. Mereka mengikuti influencer tersebut karena memang suka dengan segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan dan keseharian influencer tersebut. Ketika sang influencer idola ini mengenakan atau menggunakan suatu produk, otomatis para milenial yang menjadi followers sang influencer bisa ikut tertarik dan mencoba produk yang sama. Untuk itu, bekerja sama dengan influencer yang generasi milenial sukai bisa menjadi salah satu cara promosi terbaik bagi produk dan brand Anda. 

 

Kini, Anda sudah mengetahui 4 jurus promosi jitu merebut perhatian generasi milenial. Sekarang, saatnya Anda mencoba menerapkannya dan merebut sebanyak mungkin perhatian generasi milenial, sekaligus menjadikan mereka sebagai pelanggan setia Anda. Untuk informasi lebih lanjut terkait peningkatan bisnis dan melakukan promosi yang menjangkau pasar milenial, Anda juga bisa berdiskusi dengan tim Redcomm, digital agency terpercaya di Indonesia, yang sudah berpengalaman dalam hal branding companies, social media advertising agency, KOL management, dan expert di bidang social media and digital marketing.