Di era digital sekarang ini, apa pun jenis usaha yang Anda jalankan dan walaupun masih berskala kecil, tetap bisa bersaing dengan memanfaatkan digital marketing atau pemasaran digital. Jika saat ini usaha Anda masih masuk dalam kategori Usaha Kecil Menengah (UKM), jangan khawatir. Anda tinggal coba berbagai digital marketing strategy, seperti halnya memanfaatkan website sebagai media pemasaran digital. Nah berikut ini adalah 5 hal dasar dalam pembuatan website untuk pemasaran digital UKM. 

 

5 Hal Dasar dalam Pembuatan Website untuk Pemasaran Digital UKM 

  1. Website Profesional

Jika Anda hendak membuat website sebagai sarana untuk mempromosikan bisnis UKM yang sedang Anda jalani saat ini, maka buatlah website yang profesional. Website bisa disebut sebagai website profesional jika domain yang digunakan adalah nama brand Anda, hosting menggunakan self hosting dan jangan lupa memilih theme atau tema tampilan website yang menarik, rapi, serta eye catching

 

Pastikan Anda memilih hosting yang harganya stabil dan uptime. Kemudian pilihlah theme-nya yang mobile friendly, SEO Friendly dan memiliki tampilan menarik. Jangan lupa juga untuk menggunakan nama domain yang pendek, unik dan mudah diingat. Satu lagi, hindari menggunakan website gratisan karena profesionalitas Anda akan jadi berkurang.  

 

 

  1. Lakukan Riset Keyword

Setelah website berhasil Anda buat, lakukan riset keyword untuk kontennya. Riset keyword ini diperlukan agar Anda bisa mengetahui topik yang paling banyak dicari oleh audiens dan kata kunci apa yang paling banyak diketik. 

 

Untuk internet marketing strategies, keyword yang perlu diriset terbagi dua. Keyword untuk produk dan untuk content marketing. Keduanya harus sama-sama berkualitas dan tepat agar hasil pencarian yang dilakukan oleh pelanggan jadi sempurna dan mudah ditemukan di mesin pencari. 

 

Hal berikutnya yang perlu Anda pahami terkait keyword adalah keyword untuk produk akan digunakan dalam pembuatan landing page. Sementara keyword content marketing diperlukan untuk mendapatkan traffic dari audiens. 

 

  1. Persiapkan Landing Page

Landing page merupakan halaman sales dan berfungsi sebagai halaman yang menjelaskan tentang produk yang akan ditawarkan kepada calon customer. Landing page sangat penting untuk memastikan bahwa setiap traffic yang Anda dapat berhasil dikonversikan menjadi penjualan. Nanti akan ada penjelasan secara terpisah di website ini atau ada bisa mencari pembahasan khusus mengenai landing page dalam Redcomm Knowledge.  

 

 

  1. SEM Diperlukan untuk Mendapatkan Traffic

Setelah landing page jadi, Anda dapat mulai menjalankan SEM atau Search Engine Marketing untuk mendapatkan traffic yang lebih banyak. Anda juga perlu melakukan analisa terkait landing page yang dibuat agar tahu halaman tersebut sudah maksimal atau kurang maksimal.

 

Untuk melakukan analisa SEM, yang Anda perlu lakukan adalah melihat seberapa efektif landing page dalam melakukan konversi atas traffic menjadi suatu transaksi pembelian. Agar hasilnya menjadi lebih baik, Anda bisa mulai dengan memasang iklan. Pastikan iklan untuk landing page yang Anda pilih sesuai dan memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak audiens. Alokasikan juga anggarannya agar digital campaign yang dilakukan tetap ideal dan tidak berlebihan. 

 

  1. Persiapkan Content Marketing

Penerbitan konten pada website memang sangat membantu dalam hal optimasi SEO. Agar semuanya terarah, pastikan content marketing yang dibuat benar-benar Anda persiapkan dengan matang dan sebaik mungkin. 

 

 

Konten dengan teknik soft selling biasanya lebih ampuh untuk memaksimalkan promosi produk. Di saat yang sama, Anda juga perlu berhati-hati dalam menggunakan teknik soft selling ini. Mengapa? Karena jika konten soft selling-nya tidak terarah, maka apa yang Anda buat, rencanakan, dan persiapkan, bisa jadi tidak ada artinya. 

 

Inilah 5 Hal Dasar dalam Pembuatan Website untuk Pemasaran Digital UKM yang perlu Anda ketahui. Jika Anda merasa kesulitan menerapkannya sendiri, cobalah bekerja sama dengan jasa digital marketing atau best digital agency Jakarta yang terpercaya.