3. Social Media Marketing (SMM)
Sosial media menjadi bagian penting dalam kehidupan manusia modern saat ini. Hampir semua orang, dari berbagai profesi, usia, gender, dan lapisan masyarakat manapun, memiliki sosial media sebagai salah satu cara mereka saling berinteraksi.
Pemanfaatan sosial media secara tepat sebagai media promosi online, bisa sangat membantu Anda untuk mempromosikan, memperkenalkan, bahkan memasarkan produk dan jasa. Asalkan Anda memilih channel sosial media yang tepat dan relevan dengan bisnis.
Selain itu, media sosial bisa pula menjadi wadah terbaik untuk menjalin interaksi dan membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan.
Dalam penerapannya, Anda bisa menggunakan Instagram atau Instagram Ads, Facebook Ads, bahkan Twitter Ads. Bisa pula dengan meningkatkan user generated content dengan mengajak pelanggan untuk memberikan testimoni positif di media sosial mereka masing-masing.
4. Pay Per Click (PPC)
Pay Per Click (PPC) adalah salah satu teknik digital marketing yang memanfaatkan internet dan website sebagai perangkatnya.
Cara kerja PPC, Anda perlu membayar sejumlah biaya setiap kali iklan atau website yang mendapatkan kunjungan dan klik.
Biaya dari setiap iklan tergantung dari kualitas website dan seberapa besar kompetisi dalam memperebutkan keyword tersebut.
5. Content Marketing dan Viral Marketing
Content marketing adalah praktik pemasaran dengan membuat konten bermakna dan berkualitas untuk penggunanya.
Konten yang Anda buat akan menstimulasi ketertarikan audiens terhadap produk bisnis, memberi informasi yang berguna untuk mengundang terjadinya transaksi, bahkan bisa mempengaruhi orang lain untuk melakukan transaksi.
Jenis digital marketing yang satu ini tidak terbatas hanya pada konten dalam bentuk tulisan di blog, website, atau di caption sosial media, namun bisa berupa banner, gambar, rekaman suara, bahkan video.
Sementara viral marketing adalah membuat konten yang memiliki kemungkinan viral, sehingga bisa menarik lebih banyak pengguna internet untuk mencari tahu, membaca, bahkan melakukan interaksi.
Konten viral di sini bisa dalam bentuk sesuatu yang sedang tren, lucu atau aneh, yang dapat memikat banyak orang dan membuat mereka membagikannya.
Kedua jenis pemasaran ini memang gampang-gampang susah untuk dilakukan. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempelajari cara kerja masing-masing media sosial sehingga hasil kampanye bisa lebih maksimal.