Anda seorang creator video atau sedang menerapkan digital marketing melalui YouTube, namun tak kunjung mendapatkan popularitas yang tinggi? Cobalah menaikkan rank video Anda dengan memanfaatkan teknik YouTube SEO. Cara ini sudah banyak yang membuktikannya sendiri karena bisa menjadikan channel YouTube berada di posisi terbaik dan mendapatkan jumlah views serta subscribers yang tinggi!

 

YouTube sebagai Platform Video Populer

Siapa yang tak kenal dengan YouTube. Platform yang satu ini menyediakan layanan penyedia video terbesar yang ada di dunia saat ini. Berbeda dengan layanan penyedia video lainnya, YouTube mampu memberikan income berdasarkan jumlah views pada sebuah video. Tak heran, banyak sekali content creator yang beralih menuju platform yang satu ini dan meraup penghasilan yang cukup tinggi. 

 

Ya, memperoleh penghasilan di YouTube adalah hal yang nyata. Income didapatkan dari para penonton yang melihat iklan pada video buatan Anda. Semakin banyak views yang didapat, semakin tinggi pula dollar yang diperoleh.  

 

Selain mendapatkan penghasilan dari iklan, YouTube juga cocok dijadikan sebagai salah satu digital marketing strategies produk maupun brand. Namun tentu saja, Anda harus bekerja keras agar bisa mendapatkan views dan subscribers yang banyak serta konversi jika memungkinkan bagi video marketing yang Anda buat. Simak tips berikut ini untuk meningkatkan popularitas video Anda hanya dengan menggunakan teknik YouTube SEO! 

 

 

9 Tips Terbaik Menaikkan Rank Video Menggunakan Teknik YouTube SEO. 

Semakin tinggi jumlah views konten video yang Anda unggah, akan semakin tinggi pula pendapatan yang bisa Anda raih. Sebuah iklan dapat disematkan pada awal, pertengahan, maupun akhir video. Tentunya jumlah iklan yang dilihat oleh penonton video Anda akan dikonversikan jadi penghasilan. Begitupun dengan video branding companies dan produk. 

 

Ada beberapa strategi digital marketing yang dapat dilakukan untuk menciptakan tingkat views yang tinggi, salah satunya menggunakan teknik YouTube SEO. Teknik ini akan menjadikan video Anda dapat muncul di bagian atas pada kolom pencarian sesuai dengan kata kunci yang dicari penonton. 

 

  1. Tentukan Kata Kunci yang Tepat

Karena algoritma YouTube hampir sama dengan Google, hal pertama yang perlu Anda perhatikan adalah penggunaan kata kunci yang tepat. Jadi sebelum mengunggah video, Anda perlu melakukan riset kata kunci yang potensial dan yang paling banyak digunakan oleh pengguna YouTube. Semakin potensial kata kunci yang Anda gunakan semakin besar peluang Anda mendapatkan views dari penonton. 

 

  1. Sematkan Kata Kunci pada Judul Video 

Setelah menemukan keyword yang sesuai, tentu Anda perlu menyematkan kata kunci tersebut pada judul video. Dengan demikian, para penonton dan algoritma YouTube akan lebih mudah dalam memahami jenis video yang Anda tayangkan dan membuat mereka mudah pula menemukan video tersebut hanya dengan mengetikkan kata kunci tertentu yang sudah Anda bidik.

 

  1. Buat Thumbnail yang Eye Catching

Karena Anda akan bersaing dengan digital video production karya creator atau YouTubers lainnya, maka buatlah thumbnail yang menarik perhatian penonton. Thumbnail jangan terlalu monoton dan terkesan mainstream. Selain bisa memenangkan persaingan, thumbnail yang dibuat dengan baik bisa meningkatkan Click Through Rate (CTR) pada video Anda, termasuk video yang di-embed.

 

  1. Tambahkan Deskripsi yang Informatif 

Kotak deskripsi akan membantu penonton dan algoritma memahami tujuan atau maksud dari video yang Anda unggah. Tulislah deskripsi dengan menggunakan bahasa yang singkat dan mudah dipahami dan ceritakan isi video yang telah Anda buat sebagai informasi tambahan bagi penonton. Bagus lagi kalau deskripsi ini juga dihubungkan dengan artikel yang ada di website Anda. 

 

 

  1. Sematkan Kata Kunci dalam Video dan Gunakan Transkrip

Jangan lupa untuk menyematkan keyword di dalam video, bisa dalam bentuk teks subtitle atau secara verbal. Hal ini akan membantu untuk mempertegas maksud video Anda kepada penonton. Anda pun bisa memanfaatkan fitur closed caption (CC) untuk memasukkan kata kunci dalam video dengan bentuk transkrip.

 

Transkrip percakapan pada video Anda diyakini dapat menaikkan rank video YouTube Anda. Karena terkadang penonton merasa tidak fokus dengan apa yang didengar dan akan lebih terbantu dengan hadirnya teks transkrip. 

 

  1. Gunakan Tag 

Tag atau hashtag membantu algoritma mengidentifikasi kategori video. Jadi, menggunakan tag merupakan jalan terbaik dalam mengoptimasi YouTube SEO. Gunakan hashtag yang sesuai dengan tema maupun isi video. Jika video Anda berupa tutorial make up, Anda bisa gunakan tag #dailymakeup misalnya. 

 

  1. Berinteraksi dengan Audiens 

Setelah video diunggah ke YouTube, siapa pun akan bisa menontonnya. Nah, biasanya ada penonton yang meninggalkan komentar, maka jawablah komentar tersebut. Ini adalah cara yang baik untuk berinteraksi dengan audiens. Mereka akan senang jika pertanyaan maupun masukan yang dituliskan di kolom komentar direspons oleh pembuat video. Jalinlah interaksi yang intens dengan audiens, sekalipun hanya sekadar mengucapkan terima kasih. 

 

  1. Tambahkan Link Website

Jika sedang mempromosikan suatu produk atau melakukan brand awareness, Anda bisa menyematkan link website pembelian produk tersebut pada kolom deskripsi. Jadi, ketika ada penonton tertarik untuk mengetahui lebih lanjut atau melakukan pembelian setelah melihat video Anda, link tersebut akan memudahkan mereka. 

 

 

  1. Perhatikan Kualitas, Bukan Sekadar Kuantitas 

Anda perlu memberi perhatian lebih pada kualitas video Anda. Jangan terlalu fokus dengan jumlah video yang harus Anda unggah selama satu minggu, namun perhatikan kualitas video yang Anda unggah. Apakah resolusi, audio, dan isinya sudah bagus, sesuai tema yang ditentukan, dan apakah berhasil menarik perhatian target audiens?.

 

Itulah beberapa tips untuk meningkatkan rank video YouTube. Segera buat video terbaik Anda dan ikuti tips YouTube SEO di atas agar video tersebut mendapatkan jumlah views dan likes yang tinggi! Jika Anda merasa kesulitan untuk membuat video branding sendiri, maka mintalah bantuan profesional seperti digital advertising agency Indonesia misalnya.