Apakah merek Anda dikenal sebagai salah satu brand yang memimpin pasar dan banyak pelanggan yang menggunakannya? Ketika ada orang berbicara mengenai suatu produk, apakah produk dari perusahaan Anda muncul dalam percakapan tersebut? Jika jawaban untuk salah satu dari pertanyaan tersebut tidak, maka Anda mungkin memiliki masalah dengan share of voice. Untuk itu, Anda perlu tahu cara meningkatkan share of voice bisnis Anda di media sosial. 

 

Apa yang Dimaksud dengan Share of Voice?

Share of voice adalah suatu upaya yang dilakukan di dalam bisnis untuk mengukur jumlah percakapan merek Anda di dalam masyarakat dibandingkan dengan produk sejenis dari kompetitor. Bisa dikatakan, penentuan standar perhitungan atau matriks lumayan rumit, mengingat tidak setiap produk, yang meskipun serupa, bisa diukur dengan matriks yang sama. 

 

Ada perusahaan yang melihat share of voice untuk produk mereka berdasarkan jumlah insight di media sosial, sementara perusahaan lain mengukurnya dari jumlah pesan di kotak pesan. Ada lagi yang baru bisa menentukan jumlah share of voice setelah mengadakan suatu campaign di mana data bisa didapatkan lebih banyak, lebih detail, dan lebih spesifik.

 

Di saat yang sama, Anda juga dapat melihat share of voice dari hashtag yang digunakan oleh pelanggan, untuk disertakan pada caption media sosial mereka, atau dari banyaknya klik yang dilakukan pada hashtag. Cara lain, bisa melihat dari kata kunci yang memunculkan produk, layanan, atau bahkan website bisnis Anda.

 

 

Sebagai contoh, Anda adalah pemilik bisnis hotel. Anda ingin mengukur berapa persentase pesan media sosial yang melibatkan kata kunci “Hotel Anda”, yang berisi nama merek hotel Anda dibandingkan dengan persentase yang menyebutkan pesaing. Idealnya, Anda sudah pasti ingin memiliki porsi yang lebih besar dalam penggunaan kata kunci “Hotel Anda” tadi dibandingkan dengan pesaing. Karena hal tersebut, menunjukkan jumlah konsumen yang sadar akan keberadaan merek bisnis Anda dibandingkan merek kompetitor. 

 

Kalau hasilnya ternyata tak sesuai harapan, maka tentu saja Anda harus melakukan sesuatu. Lalu, bagaimana caranya meningkatkan pangsa share of voice bisnis Anda di media sosial?

 

Cara Meningkatkan Share of Voice Bisnis Anda di media sosial

  1. Selalu Aktif

Agar dapat didengar di media sosial, Anda harus aktif. Jika Anda hanya mencoba sekali sehari atau posting ke Instagram seminggu sekali, hasilnya tentu saja berbeda jauh kalau dibandingkan dengan Anda melakukan posting Instagram setiap hari di jam yang sama. Hal yang harus Anda sadari untuk pertama kali adalah setiap media sosial memiliki pengguna fanatik yang aktif saling berinteraksi. Anda bisa menganalisis terlebih dahulu, insight di media sosial bisnis Anda yang paling tinggi, kemudian aktif membangun interaksi dengan konsumen. 

 

Agar bisa aktif, mulailah dengan membuat kalender media sosial yang menguraikan semua konten yang Anda rencanakan setiap bulan. Tujuannya, menjadwalkan konten yang perlu ditayangkan pada tanggal tertentu (kampanye atau hari libur khusus) serta konten yang dikuratori dari situs Anda sendiri. Selain itu, tentukan pula tema-tema yang menjadi konten Anda tersebut, serta pesan yang ingin Anda sampaikan kepada konsumen. 

 

Cara ini, memungkinkan Anda untuk bisa posting secara aktif dan rutin di media sosial bisnis, serta memberi Anda kemampuan untuk berbagi konten sepanjang waktu. Perlu diingat, jika Anda kurang aktif, apalagi sampai malas-malasan aktif di platform pemasaran digital Anda, maka kesempatan Anda bisa hilang karena diambil oleh pesaing Anda yang lebih aktif dan lebih kreatif dalam menjangkau pasar. 

 

  1. Ikut terlibat! Jangan Sekadar Broadcast!

Menjadi aktif tidak berarti Anda harus membuat banyak posting promosi setiap hari. Media sosial adalah kesempatan untuk terlibat dan berinteraksi dengan audiens. Artinya, cukup tentukan jadwal posting konten, kemudian bangunlah interaksi dengan audiens Anda, entah dalam bentuk mengajukan pertanyaan, membuat kuis dengan memanfaatkan Instagram story dan sebagainya. Dengan kata lain, Anda perlu terlibat dengan audiens. Jangan sekadar melakukan broadcasting iklan, kemudian menghilang.

 

 

  1. Buat Konten yang Layak Dibagikan

Salah satu cara terbaik untuk membuat orang berbicara tentang merek Anda adalah dengan menciptakan konten yang layak dibagikan, baik itu untuk konten di Twitter, di Facebook, LinkedIn, atau platform digital lainnya. Berbagi konten terkait industri atau bisnis yang saat ini Anda jalankan sudah pasti dapat meningkatkan voice brand Anda. Dengan berbagi tips, berita, dan konten lainnya tentang bisnis Anda, kebanyakan orang akan mulai mencari tahu mengenai bisnis Anda melalui konten yang Anda bagikan. 

 

  1. Lakukan Upaya untuk Mendorong Terjadinya Percakapan di Media Sosial

Apakah orang meninggalkan komentar di posting blog atau media sosial bisnis Anda? Apakah pelanggan lebih suka menelepon dan mengirim email kepada Anda untuk layanan pelanggan? Apa pun jawaban atas dua pertanyaan ini, sebenarnya langkah terbaik yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan share of voice adalah dengan mendorong audiens Anda untuk melakukan percakapan di berbagai platform media sosial bisnis yang Anda gunakan untuk promosi. 

 

Interaksi atau percakapan di sini boleh apa saja, termasuk keluhan pelanggan, review, mengajukan pertanyaan, dan sebagainya. Anda juga bisa lebih dahulu menghubungi mereka, entah mengajak berkenalan, menanyakan pengalaman menggunakan produk, dan sebagainya. 

 

  1. Maksimalkan Pemanfaatan SEO secara Optimal

Meningkatkan share of voice tidak hanya cukup dilakukan di media sosial, namun masih ada hal lain yang perlu Anda lakukan, seperti memaksimalkan pemanfaatan SEO secara optimal, baik di media sosial, maupun di setiap saluran pemasaran yang Anda miliki. Gunakan SEO untuk mendapatkan konten Anda di halaman pertama Google dan mendapatkan visibilitas yang lebih.

 

 

  1. Iklan Berbayar untuk Meningkatkan Brand Awareness

Semakin Anda dapat mengintegrasikan semua saluran pemasaran, dampak yang lebih besar bisa Anda dapatkan. Otomatis, share of voice bisnis Anda pun semakin meningkat. Mulailah dengan meletakkan semua saluran yang telah tersedia untuk Anda. Dalam hal ini, Anda bisa meningkatkan brand awareness, melalui: email, situs web, iklan penelusuran, media buying, dan semua saluran media sosial yang bisa Anda gunakan. 

 

Kemudian, Anda dapat mulai menyusun kampanye yang melibatkan setiap saluran. Misalnya, Anda dapat membuat posting blog dan membuat panduan download ebook mengenai tips tertentu yang memang banyak dicari orang. Selanjutnya, lakukan promosi untuk setiap konten yang Anda buat dengan iklan berbayar atau ads untuk jangkauan pasar yang lebih luas.

 

Dengan asumsi, konten yang Anda buat berguna dan relevan bagi audiens Anda, dan strategi promosi Anda diimplementasikan dengan baik, obrolan tentang merek Anda akan semakin banyak dilakukan orang lain, dan akhirnya peningkatan awareness terhadap produk dan mereka Anda pun bisa Anda dapatkan. 

 

Kuncinya adalah untuk menemukan topik yang relevan sehingga audiens Anda akan dengan senang hati terus membicarakan produk Anda. Masih banyak tips dan cara lain untuk meningkatkan share of voice atau brand awareness. Anda juga bisa mencoba mengikuti dan menerapkan strategi digital marketing yang tepat untuk peningkatan keuntungan.