Sebagai pebisnis yang memiliki website, Anda perlu memahami pentingnya sebuah konten artikel untuk menginformasikan produk, jasa, brand, maupun layanan yang Anda sediakan bagi pelanggan Anda. Agar artikel di website Anda mudah ditemukan di mesin pencari, Anda perlu tahu cara menulis artikel SEO friendly yang bisa Anda coba.

 

Mengapa Artikel SEO Friendly Penting Dibuat?

Kenapa artikel harus SEO friendly? Karena banyak atau tidaknya orang membaca artikel Anda sangat bergantung pada kualitas artikel dan informasi yang disertakan di dalam artikel tersebut. 

 

Anda sudah pasti menginginkan artikel di website bisnis Anda menjadi yang utama di halaman pencarian Google. Artikel yang memiliki posisi bagus di SERP Google jelas akan ramai dikunjungi dan dibaca, apalagi kalau artikel tersebut memang informatif dan sesuai dengan kebutuhan pengguna internet, dalam hal ini tentu saja orang-orang yang memiliki kemungkinan jadi pelanggan Anda. 

 

Membuat sebuah artikel yang memiliki banyak pembaca tentu bukan hal yang mudah. Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam teknik penulisan artikel agar artikel tersebut tidak hanya sekadar bagus, tetapi juga mengandung keyword utama yang banyak dicari orang.

 

 

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Secara sederhana, sebagai seorang content writer, Anda dituntut untuk bisa menulis artikel yang sedang ramai dibicarakan orang, dan memiliki kualitas yang bagus di hasil pencarian Google. Dengan memperhatikan keyword yang potensial untuk ditulis, orang akan mudah menemukan artikel Anda.

 

Berikut beberapa tips mudah menulis artikel SEO friendly yang bisa Anda coba terapkan pada tulisan terbaru Anda.

 

  1. Perhatikan Pemilihan Keyword yang Tepat

Ketika mulai menulis artikel SEO, yang pertama kali harus Anda pikirkan ialah pemilihan keyword. Ini tidak hanya membantu Anda menemukan ide tulisan, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan lebih banyak kunjungan pada website Anda. Oleh karena itu, Anda harus bisa menulis artikel menggunakan keyword yang sedang viral atau banyak dicari. Hindari menulis artikel dengan informasi atau keyword yang sudah ketinggalan zaman atau bahkan tidak memiliki pencarian sama sekali.

 

  1. Pilih Informasi yang sedang Banyak Dicari

Mirip dengan memilih keyword, pemilihan informasi yang sedang ramai diperbincangkan di dunia maya juga penting. Membahas sebuah informasi yang dibutuhkan oleh banyak orang bisa menjadi nilai tersendiri pada artikel Anda. Mesin pencari seperti Google juga sangat menyukai artikel yang dapat menjawab kebutuhan pengguna mereka. Dengan begitu, artikel Anda akan berpeluang besar untuk direkomendasikan pada hasil pencarian.

 

  1. Menulis Artikel yang Human Friendly

Selain SEO friendly, artikel yang Anda buat juga harus human friendly. Maksudnya, tulisan Anda tidak hanya ramah bagi mesin pencari seperti Google, namun juga enak untuk dibaca oleh pengunjung website. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan ketelitian dalam menulis artikel agar sesuai dengan kaidah penulisan serta memberi kenyamanan kepada pembaca ketika membaca artikel tersebut.

 

Supaya kualitas tulisan semakin baik, Anda memerlukan bantuan seorang editor untuk memeriksa artikel tersebut. Jadi, sebelum Anda posting, pastikan ada orang lain yang terlebih dahulu melakukan pemeriksaan pada artikel itu.

 

 

  1. Gunakan Judul yang Menarik

Judul artikel menjadi kunci penting menarik tidaknya artikel untuk dibaca. Oleh karena itu, Anda perlu memberi perhatian lebih pada penggunaan judul artikel dan buatlah judul artikel yang menarik, yang bisa mengundang rasa penasaran pembaca. 

 

Syarat membuat judul menarik, antara lain: menggambarkan isi artikel secara ringkas, memberitahu informasi penting yang mungkin dibutuhkan pembaca, mengundang rasa penasaran, memancing keingintahuan, dan sebagainya.

 

  1. Gunakan Internal dan Eksternal Link

Menggunakan internal dan eksternal link pada artikel sangat disarankan. Kedua link tersebut memberi pengaruh pada performa SEO dalam tulisan Anda, terutama ketika sudah diterbitkan di web

 

Internal link dapat membantu pembaca menemukan informasi lain di web Anda yang masih relevan dengan topik artikel yang sedang mereka baca. Sementara eksternal link, umumnya digunakan untuk menunjukkan referensi yang Anda gunakan dalam menulis atau mengutip sebuah informasi.

 

  1. Perhatikan Sudut Pandang Penulisan

Keyword yang Anda gunakan ketika menulis artikel SEO memberikan sudut pandang yang luas. Dalam menulis artikel SEO, Anda harus menggunakan sudut pandang yang berbeda dari orang lain agar apa yang Anda tulis benar-benar hasil tulisan Anda, bukan hasil copy paste.

 

  1. Membuat Struktur Tulisan yang Jelas

Membuat struktur artikel yang jelas dan teratur akan memberikan kemudahan bagi pembaca menemukan apa yang ingin mereka cari. Ketika artikel sudah publish di situs web, struktur ini dapat berupa heading, subheading, atau H1 - H6 yang berurutan di dalam artikel.

 

  1. Perhatikan Panjang Artikel

Panjang artikel yang Anda tulis minimal sekitar 500 kata dengan informasi yang padat, tetapi tetap mudah dicerna pembaca. Sementara itu, Anda juga bisa menulis artikel yang lebih panjang sesuai kebutuhan dan informasi yang ingin Anda sampaikan kepada pembaca website. Standar normal panjang artikel sebenarnya tidak bisa dipastikan secara pasti, tetap saja hal ini tergantung kebutuhan. Namun untuk idealnya, panjang artikel sebaiknya antara 500 kata hingga 1000 kata. 

 

 

  1. Gunakan Kalimat Pembuka yang Menarik

Selain membuat judul yang mampu menarik perhatian pembaca, bagian pembuka artikel juga harus ditulis semenarik mungkin. Tujuannya, agar begitu pembaca melihat judul dan bagian pembuka, pembaca semakin penasaran dengan artikel Anda, kemudian mereka memutuskan membaca artikel tersebut sampai selesai.

 

  1. Gunakan Paragraf Singkat

Penggunaan paragraf yang terlalu panjang dapat menimbulkan kebosanan bagi pembaca. Alangkah baiknya jika Anda menulis artikel dengan paragraf yang singkat, antara 5 hingga 6 baris saja.

 

  1. Menulis Artikel yang Relevan dan Spesifik

Artikel yang Anda buat harus saling berhubungan antara kalimat dan paragraf, sehingga mudah untuk dibaca dan informasi yang disampaikan juga tetap relevan. Menulis artikel yang lengkap dan spesifik juga akan sangat disukai oleh pembaca.

 

  1. Promosikan Artikel Anda

Terakhir, promosikan artikel Anda. Cara mempromosikan artikel bisa dengan membagikan link artikel ke semua media sosial yang Anda miliki. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan Facebook ads, Google ads, atau jenis iklan digital lainnya demi menjangkau lebih banyak pembaca. 

 

Itulah beberapa cara menulis artikel SEO yang bisa Anda coba dan terapkan pada tulisan terbaru Anda mulai sekarang. Semoga bermanfaat.