Promosi pada umumnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Apalagi sejak kemajuan teknologi internet yang memungkinkan semua orang mudah mencari apa pun yang mereka butuhkan di internet. Salah satu cara untuk melakukan promosi, Anda bisa mencoba cara promosi melalui Podcast untuk jangkau pasar milenial.

 

Podcast adalah platform digital dalam bentuk audio yang bisa didengarkan oleh banyak orang. Topik-topik yang sering diangkat pada Podcast biasanya bertemakan bisnis, lifestyle, musik, film, motivasi, dan masih banyak lagi lainnya. Tren terkini, Podcast sangat digemari generasi milenial, sehingga amat disayangkan kalau Anda tidak memanfaatkan Podcast sebagai media promosi bisnis secara online.

 

Kelebihan Menggunakan Podcast untuk Promosi

Sebelum mengetahui cara berpromosi di Podcast, Anda perlu tahu kelebihan melakukan promosi di Podcast yang tak didapatkan dari media digital lain.

 

 

Berkas digitalnya yang berbentuk audio membuat Podcast bisa didengarkan di mana saja dan kapan saja. Misalnya sambil mengemudi ke kantor, bersih-bersih rumah, baca koran, di perjalanan pulang, dan lain sebagainya. Ini sangat menguntungkan, karena pendengar Podcast rata-rata menghabiskan waktu 45 menit hingga 1 jam setiap harinya. Melakukan promosi di Podcast juga membuat Anda lebih hemat energi dan biaya karena hanya suara yang terdengar. Anda tak perlu repot membuat tampilan visual untuk iklan Anda.

 

Cara Promosi Melalui Podcast untuk Jangkau Pasar Milenial

  1. Harus Punya Akun Podcast

Dalam melakukan promosi melalui Podcast, Anda harus memiliki akunnya terlebih dahulu dengan cara mendaftar di platform yang menyediakan fitur Podcast. Lakukan proses registrasi dengan memperkenalkan secara singkat diri Anda dan bisnis yang Anda jalankan. Anda juga perlu memberitahu pendengar Anda tentang pembahasan apa saja yang akan tersedia di channel Podcast Anda ini. Namun yang perlu diingat, jangan mengatakan secara langsung bahwa pada setiap episode Podcast yang dibuat akan membahas tentang bisnis atau produk yang Anda jual. Gunakan teknik soft selling dengan cara yang cantik sehingga pendengar tak menganggap Anda hanya jualan saja. 

 

  1. Jelaskan Promosi dengan Singkat

Jika episode perkenalan sudah dimulai, lanjutkan dengan memulai promosi melalui Podcast tentang bisnis Anda. Untuk melakukannya, Anda harus berpromosi dengan singkat dan padat agar mudah dipahami dan tidak membuat pendengar Anda merasa jenuh. Jangan memberikan pembahasan yang berputar-putar. Hindari juga penggunaan bahasa yang tidak familiar agar tak membuat pendengar kesulitan mencernanya.

 

Sebagai persiapan agar hasil di Podcast lebih baik, catatlah dulu poin-poin penting yang akan Anda bicarakan, kemudian kembangkan isinya dalam draft tulisan. Kalau perlu lakukan latihan terlebih dahulu sebelum mulai merekam. Tentukan juga jumlah episode yang akan Anda buat untuk promosi produk bagian pertama atau topik pertama. Jika semuanya telah siap, barulah Anda mulai melakukan rekaman. 

 

 

  1. Tempatkan Promosi di Bagian Tengah

Promosi melalui Podcast yang terakhir bisa Anda coba dengan menempatkan kalimat promosi di tengah-tengah pembahasan. Misalnya, Anda membahas seputar film, di tengah-tengah bisa Anda selipkan kalimat seperti berikut:

 

Nonton film rasanya ada yang kurang kalau tidak ditemani makanan ringan. Apalagi kalau nontonnya sendirian. Saya biasanya memilih keripik singkong dari brand A karena keripiknya renyah, gurih, dan lain sebagainya. 

 

Intinya, pilihlah kalimat yang mengundang pendengar untuk memvisualisasikan produk Anda dan mendorong mereka untuk membelinya. Tapi tetap ya, dengan soft selling yang manis dan halus agar pendengar tidak terlalu merasa Anda sebenarnya sedang mempromosikan produk atau jasa.

 

Selain ketiga cara di atas, Anda bisa juga mempromosikan produk atau brand melalui Podcast dengan mengundang seseorang / bintang tamu. Lebih bagus jika seorang influencer. Jadi, Anda mempromosikan produk melalui sebuah perbincangan / interaksi, entah di bagian tengah maupun akhir Podcast. Dengan begitu, akan semakin banyak pendengar yang tertarik untuk mendengarkan Podcast Anda hingga akhir, dan semakin penasaran dengan bisnis Anda. 

 

 

Cara promosi melalui Podcast untuk jangkau pasar milenial ini bisa langsung Anda coba sendiri. Jangan lupa untuk membagikan akun Podcast maupun episode di dalamnya ke media sosial ataupun ke teman Anda supaya channel Anda semakin dikenal dan banyak yang mendengarkannya.