Ada pertanyaan penting yang harus dijawab oleh Anda sebagai marketer digital. Pertanyaannya adalah bagaimana cara menemukan data penting yang wajib dianalisis saat melakukan digital marketing?
Ada pertanyaan penting yang harus dijawab oleh Anda sebagai marketer digital. Pertanyaannya adalah bagaimana cara menemukan data penting yang wajib dianalisis saat melakukan digital marketing?
Data penting digital marketing termasuk tantangan yang harus dihadapi para pengusaha. Problematika yang pengusaha hadapi bukan terkait kurangnya daftar data yang tersedia, melainkan tidak mengetahui data mana yang seharusnya menjadi titik fokus saat melakukan analisis.
Mengetahui mana data yang penting harus dilakukan, karena data tersebut dibutuhkan dalam membuat digital marketing strategist dan data driven marketing yang sesuai untuk bisnis Anda
Ternyata, ada tiga alasan utama yang membuat marketer tak bisa menemukan fokus data yang akan mereka analisis, yaitu:
Dalam menemukan data analisis digital yang penting agar dapat melakukan data driven marketing, Anda dapat menggunakan Google analytics. Google analytics adalah salah satu tool yang dapat menjadi panduan untuk menganalisis data dari kampanye digital yang dilakukan. Maka dari itu, Anda perlu menguasai cara membaca data di Google analytics.
Selain itu, Anda harus memiliki pengetahuan terkait analisis data, pemahaman kontekstual, teliti, dan juga harus sabar. Perlu diingat, Anda mungkin memang tak bisa melihat semua poin data pemasaran digital, serta memahami semuanya dalam pemasaran bisnis Anda. Namun melalui Redcomm knowledge kali ini, Anda bisa menemukan data penting yang harus dianalisis.
Agar dapat memahami data yang dimiliki, ketahui terlebih dahulu poin data atau jenis pengukuran pemasaran. Kemudian, berdiskusilah dengan seseorang yang mampu menganalisisnya. Misalnya, Anda dapat bekerja sama dengan tim digital marketing agency Jakarta yang tentunya memiliki para analis berpengalaman dalam menganalisis data untuk digital marketing.
Terdapat tiga jenis pengukuran pemasaran, yaitu:
Matriks bisnis akan memberikan gambaran umum terkait analisis data penting sebelum melakukan pemasaran digital. Dari mulai biaya yang dikeluarkan, jumlah dana yang didapatkan, dan berapa ROI yang dihasilkan. Matriks bisnis ini akan digunakan ketika bisnis Anda mendapatkan pemasukan atau untung.
Pada matriks konversi, Anda bisa mengetahui seberapa efektif kemampuan mengubah pengunjung menjadi pembeli, sehingga dapat menghasilkan closing penjualan. Oleh karena itu, di dalamnya meliputi rasio konversi, biaya per konversi, dan pembelanjaan rata-rata. Dengan melihat matriks konversi, Anda bisa tahu jika bisnis yang sedang berjalan ini mampu membuat orang-orang membeli produk yang ditawarkan.
Matriks terakhir, yaitu matriks pemasaran, menunjukkan hal lain yang muncul sebelum konversi. Misalnya, banyaknya tayangan, kunjungan, rasio klik tayang, bounce rate, dan lain sebagainya. Ada pun matriks pemasaran ini akan memberitahu Anda, apakah bisa mendapatkan dan melibatkan pemirsa baru yang potensial, lalu mengarahkan mereka pada konversi atau penjualan, atau tidak.
Mengapa matriks pemasaran dibutuhkan? Sebab, sebagian konsumen tak akan langsung membeli produk yang ditawarkan sesaat setelah menerima informasi atau penawaran. Bisa jadi, mereka akan mempertimbangankan cukup lama, sebelum akhirnya membeli produk Anda. Nah, dengan menggunakan matriks ini, Anda bisa mengetahui pelanggan mana yang potensial.
Perlu Anda ketahui, data penting digital marketing atau hasil analisis ini dapat melacak bagaimana strategi digital marketing Anda berjalan. Untuk memulai analisis data marketing, poin data yang dimiliki harus sesuai dengan skema yang telah dilalui konsumen. Dengan kata lain, pengukuran yang dilakukan harus selaras dengan tahapan siklus pelanggan yang sedang diukur, yaitu:
Anda tentunya hanya ingin melihat ROI yang positif, meskipun dalam tahap akuisisi, ROI negatif adalah hal yang normal. Namun, Anda perlu memfokuskan pada arah perubahan yang positif saja. Singkatnya, apakah daftar data yang menjadi indikator Anda telah menunjukkan pertumbuhan, atau justru jalan di tempat?
Bagaimana cara menemukan indikator berupa daftar data analisis yang paling penting untuk bisnis Anda agar menjadi data driven marketing? Lihatlah dari goals yang ingin dicapai, yaitu:
Selanjutnya, awasi daftar data analisis yang penting berikut ini, untuk mengetahui apakah Anda bergerak ke arah yang benar saat melakukan digital marketing atau tidak:
Nah, Itulah daftar data penting digital marketing yang harus diawasi sebelum dan saat melakukan pemasaran secara digital. Semoga bermanfaat. Jika Anda ingin lebih mudah menganalisisnya bersama tim yang sudah berpengalaman. Cobalah bekerja sama dengan tim Redcomm yang merupakan digital marketing agency Jakarta maupun digital marketing agency Indonesia.
DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU
RELATED TOPIC