MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Fitur Twitter Fleets, Media Promosi di Twitter yang Resmi Dihapus

04 Feb  · 
2 min read
 · 
eye 3.104  
Social Media

redcomm

Pada tahun 2021 lalu, Twitter atau yang kini beralih menjadi platform X, merilis fitur terbaru bernama fleets. Walaupun sekilas terlihat mirip dengan story yang ada dalam aplikasi lain, fleets memiliki beberapa karakteristik yang membuatnya berbeda.

Hal yang membedakannya, Anda tak bisa menyukai fleets atau melakukan repost. Kalau ingin memberi tanggapan, maka satu-satunya cara hanya menggunakan Direct Message (DM).

Sayangnya, fitur yang sebenarnya bisa menjadi bagian dari penerapan strategi Twitter marketing bagi brand ini akhirnya dihapus pada Januari 2023. Apa keuntungan fitur Fleet dan kenapa dihapus?

Keuntungan Menggunakan Fitur Fleets Twitter

Twitter Fleets memang tidak memperbolehkan reaksi instan seperti menyukai atau membalas fleets, sehingga menjadi hal yang cukup tricky untuk menjalankan campaign di Twitter. Meski begitu, fleets tetap bisa membantu brand mempromosikan produk maupun branding.

Berikut beberapa keuntungan yang brand bisa dapatkan ketika dulu mengunggah fleet di akun bisnis:

  • Fleets bisa menciptakan perilaku baru dari para pengikut yang cenderung lebih berfokus pada story ketimbang konten di feed. Namun, karena ada banyak akun bisnis yang mengambil langkah serupa, pebisnis harus memikirkan strategi terbaik untuk mendapatkan lebih banyak perhatian.
  • Fleets membantu brand dalam membangun komunikasi yang lebih kuat dengan para pengikut sekaligus mengubah cara audiens memberi penilaian terhadap brand
  • Mengingat balasan hanya bisa melalui DM, ini akan mengubah cara pandang dan penilaian brand dalam melakukan analisis reaksi dari sebuah story.
  • Twitter Fleets membawa perubahan yang dinamis dalam cara para influencer menggunakan Twitter. Sebab Twitter cenderung dihindari dalam penerapan influencer marketing untuk mempromosikan suatu merek. Namun dengan adanya fleets, hal ini bisa bergeser dengan mudah.

Cara Brand Menggunakan Twitter Fleets untuk Mempromosikan Bisnis

1. Untuk Berinteraksi dengan Pengikut

Brand bisa mengetahui siapa saja audiens yang aktif di akun bisnis melalui DM yang audiens kirim sebagai balasan dari fleets mereka. Memanfaatkan fleets bisa mempermudah komunikasi dengan para audiens.

Beberapa persiapan saat menyelenggarakan social media and digital marketing campaign di Twitter menggunakan fleets, seperti menyusun planning, budgeting, serta target market, sehingga kampanye bisa mencapai tujuan yang ditetapkan.

2. Memudahkan Update Event Live

Mengunggah video atau gambar kegiatan bersamaan dengan waktu penyelenggaraan event, akan memberikan engagement yang paling bagus untuk brand

Strategi ini efektif untuk membangun kedekatan brand dengan audiens. Misalnya dengan mengunggah video unboxing atau membagikan momen launching produk baru.

Selain mempromosikan tentang keunggulan produk baru, Anda bisa sekaligus menuntaskan rasa penasaran konsumen terhadap produk baru tersebut dengan menjawab pertanyaan, atau menjalin interaksi secara langsung.

3. Media untuk Menerapkan Strategi Promo Terbatas

Brand bisa menggunakan Twitter Fleets untuk menerapkan beberapa promo terbatas, atau diskon terbatas. Mengingat masa tayang konten yang hanya 24 jam, strategi ini bagus sekali untuk mendorong para followers segera bertindak sebelum masa promo berakhir.

4. Meningkatkan Visibilitas Brand

Di Twitter atau X, satu-satunya cara membuat brand tetap melekat dalam benak para followers Twitter adalah dengan membuat tweet dan konten. 

Nah, keberadaan fleets membuat semuanya menjadi lebih mudah. Brand dapat menggunakannya untuk update informasi terkini mengenai brand, produk serta layanannya.

5. Twitter Fleets Mempermudah dalam Membuat Konten yang Kreatif

Adanya batasan karakter pada tweet, cenderung membuat kreativitas jadi ikut terbatas. Dengan fleets, brand bisa membuat konten yang kreatif tanpa terbatas jumlah karakter seperti pada tweet.

Untuk membuat konten menjadi lebih menarik, brand bisa memanfaatkan GIF atau menggabungkan cuplikan video, dan sebagainya.

6. Adanya Fleet Twitter Membantu dalam Menyusun Konten yang Saling Berhubungan

Dalam mengunggah postingan di Twitter tak harus selalu tentang layanan dan produk saja, namun brand perlu menciptakan konten-konten “selingan” agar pengikut tidak merasa bosan.

Nah, kehadiran Twitter fleets akan memudahkan Anda posting konten dalam bentuk yang berbeda dan bisa disesuaikan dengan interest para pengikut. 

Dengan cara ini, Anda bisa membangun kedekatan dengan followers, meningkatkan keterlibatan mereka, dan mendukung penyusunan konten yang saling berkaitan.

Brand bisa mengkreasikan fleets semaksimal mungkin, baik langsung mengunggah konten secara instan melalui aplikasi atau mengedit konten lewat aplikasi editing lainnya terlebih dahulu.

Alasan Twitter (X) Menghapus Fitur Fleet

Meskipun ada banyak keuntungan yang bisa pebisnis dapatkan dari memanfaatkan fitur Fleet di Twitter, sayangnya Twitter sudah menghentikan layanan.

Alasannya, karena ternyata pengguna Twitter tidak terlalu tertarik dengan fitur Fleet. Bahkan menurut data yang berhasil Twitter dapatkan, sangat sedikit pengguna Twitter yang memanfaatkan fitur tersebut.

Penghapusan fitur Fleet juga memungkinkan Twitter berfokus mengembangkan fitur-fitur lain yang sesuai dengan kebutuhan pengguna.


Nah, karena Twitter sudah menghapus fitur Fleet, bagaimana cara mempromosikan dan memasarkan produk di Twitter? Cek di artikel ini, yuk: Memaksimalkan Twitter Marketing dengan Data Analytics. Selain itu, baca juga tentang Kelebihan dan Kekurangan Penggunaan Twitter sebagai Media Promosi.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER