MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Ini Pentingnya Brand Bekerja Sama dengan Blogger dan Manfaatnya

04 Jan  · 
3 min read
 · 
eye 3.171  
SEO & SEM

redcomm

Saat ini, keberadaan blogger di Indonesia semakin bertambah disertai berkembangnya berbagai tema blog yang semakin beragam. Jika dulu blog hanya digunakan sebagai jurnal pribadi, sekarang blog justru bisa menjadi media untuk berbagi informasi dan promosi produk secara online. Di saat yang sama, sudah banyak pula brand-brand papan atas yang bekerja sama dengan blogger untuk melakukan promosi online dan berhasil meningkatkan keberadaan merek mereka dengan hasil yang sangat baik. 

 

Alasan Brand Harus Bekerja Sama dengan Blogger

Performa blogger tidak kalah dengan para influencer yang mampu meningkatkan brand awareness produk atau bisnis Anda. Karena kini, orang-orang juga banyak mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google, terutama ketika mereka ingin mendapatkan informasi tentang suatu produk yang ingin mereka gunakan. Nah, biasanya tulisan para blogger akan muncul di halaman Google dan menjadi referensi yang bagus karena ditulis berdasarkan user experience untuk mengutamakan keunggulan produk atau layanan yang mereka tulis. 

 

Selain itu, ketika tulisan blogger muncul di halaman pertama Google, tulisan tersebut berpeluang untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Hal ini, tentunya tidak hanya meningkatkan brand awareness saja. Tetapi, juga bisa mendorong terjadinya lebih banyak pembelian atas produk maupun layanan yang direferensikan oleh para blogger. Dengan banyaknya tulisan yang mengulas produk dan layanan bisnis Anda, akan semakin meningkatkan kepercayaan audiens terhadap produk tersebut.

 

Manfaat Brand Bekerja sama dengan Blogger

Jika Anda sedang membangun brand untuk usaha Anda, alangkah baiknya kalau Anda mengajak blogger untuk bekerja sama mempromosikan produk, jasa, layanan, maupun brand Anda. Ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan mengajak blogger bekerja sama, seperti:

 

 

  1. Dapat Terhubung dengan Audiens yang Tepat

Biasanya, sebuah blog memiliki tema atau niche blog yang konsisten. Misalnya, ada blog yang memiliki tema beauty, teknologi, dan juga parenting. Jika Anda bekerja sama dengan blogger, Anda akan mendapatkan audience atau pembaca yang sesuai. Karena dengan tema blog yang konsisten, audiens mereka lebih tepat sasaran.

 

Contoh lain, Anda adalah pengusaha dengan produk yang dipasarkan berupa produk kecantikan. Untuk melakukan promosi, Anda bisa mengajak beauty blogger untuk bekerja sama. Sementara, jika Anda memiliki produk yang berhubungan dengan teknologi, Anda perlu bekerja sama dengan penulis blog yang memiliki tema teknologi.

 

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk memilih blogger yang memiliki konten sesuai dengan tema produk Anda. Kalau Anda belum paham cara memilih blogger yang tepat, Anda bisa bekerja sama dengan digital agency Jakarta, inbound marketing agency, yang paham dengan baik mengenai Search Engine Marketing (SEM) dan Search Engine Optimization (SEO), sehingga mereka bisa membantu Anda menemukan blogger yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

  1. Meningkatkan Performa SEO

Saat ini, peranan SEO atau Search Engine Optimization, sangat penting bagi sebuah blog atau website bisnis. Melakukan kerja sama dengan blogger membuat Anda bisa meningkatkan performa SEO website bisnis Anda. Karena, semakin baik performa SEO sebuah web, maka akan semakin mudah orang menemukan brand Anda melalui mesin pencari seperti Google.

 

Sebagian orang saat ini lebih mengandalkan mesin pencari ketika mereka ingin mencari tahu informasi tentang sesuatu, termasuk produk atau bisnis yang sedang mereka butuhkan. Itu sebabnya, menjalin kerja sama yang solid dengan para blogger dan meminta mereka menulis sebuah artikel tentang produk Anda, sudah jelas memberi dampak yang positif bagi bisnis Anda. 

 

Hanya saja, Anda harus bisa memilih blogger yang benar-benar paham dengan kaidah SEO dalam penulisan konten yang mereka buat. Penerapan teknik SEO dalam penulisan artikel blog akan memperbesar peluang tulisan yang ditulis blogger muncul di halaman pertama Google. Sehingga, saat ada orang yang membutuhkan informasi tentang produk Anda akan langsung tertuju pada artikel yang ditulis oleh blogger tersebut atau malah langsung menuju ke website bisnis Anda.

 

 

  1. Meningkatkan Brand Awareness

Berbeda dengan platform media sosial lain, menggunakan blog bisa lebih leluasa untuk membuat informasi dengan lengkap dan blogger biasanya akan mengulas suatu produk dengan lebih detail. Perlu diketahui, di era digital saat ini, kebiasaan konsumen dalam berbelanja pun sudah mengalami perubahan.

 

Ketika seseorang ingin membeli sebuah produk, mereka cenderung mencari ulasan terlebih dahulu di internet. Banyak orang beranggapan, ulasan yang ditulis oleh para blogger lebih kredibel dan genuine. Itu karena para blogger akan lebih sering membuat ulasan sesuai dengan opini mereka, sehingga audiens menganggap mereka lebih objektif dalam memberi ulasan. Inilah salah satu alasan mengapa Anda harus bekerja sama dengan blogger jika ingin calon konsumen tertarik dengan produk Anda.

 

  1. Meningkatkan Traffic Website

Bekerja sama dengan blogger juga bisa meningkatkan traffic website bisnis Anda Caranya sangat mudah, Anda bisa meminta blogger untuk menambahkan backlink yang mengarah ke website atau halaman produk Anda. Dengan penggunaan backlink tersebut, Anda juga bisa sekaligus meningkatkan performa SEO website bisnis Anda.

 

Untuk ketentuan backlink, alangkah baiknya jika Anda menghubungi best digital agency yang terpercaya untuk membantu Anda menyusun digital marketing campaign yang paling sesuai dengan bisnis Anda, termasuk anchor text dan blog seperti apa yang bagus menjadi tempat untuk menitipkan backlink yang menuju ke website Anda. Selain itu, pastikan backlink yang sudah disisipkan berstatus dofollow dan lifetime atau akan tetap ada selamanya tanpa batas waktu tertentu. Ini penting disepakati bersama sejak awal, jangan sampai Anda sudah bayar, backlink yang menuju website Anda malah dihapus. 

 

 

  1. Ulasan Produk Tayang dalam Jangka Panjang

Apabila Anda melakukan kerja sama dengan blogger, ulasan produk Anda bisa tayang sepanjang waktu di website blogger tersebut. Anda bisa meminta kepada blogger sejak awal kerja sama, apakah ulasan yang ia buat nantinya akan tayang sepanjang waktu atau memiliki jangka waktu.

 

Jika perjanjian di awal postingan ulasan produk Anda tidak dihapus, maka tulisan tersebut akan terus muncul di pencarian google jika ada orang yang mencari produk Anda. Berbeda dengan promosi melalui baliho yang terpampang di jalan, maka bekerja sama dengan blogger justru lebih menguntungkan. Bahkan Anda bisa menjangkau audiens yang lebih luas. Di manapun audiens yang mencari produk Anda, mereka cukup mengetikkan nama produk di mesin pencari Google dan dengan mudah langsung mendapatkan ulasannya.

 

Apakah Anda tertarik untuk menjalin kerja sama dengan para blogger? Dengan mengajak blogger bekerja sama, Anda sudah melakukan langkah yang tepat, yaitu meyakinkan publik tentang kualitas produk Anda. Selain itu, masih banyak manfaat yang Anda bisa dapatkan jika bekerja sama dengan para blogger. Yuk, mulai sekarang seleksi blogger yang ingin Anda ajak kerja sama. Jangan lupa untuk memilih yang sesuai dengan target market bisnis Anda ya.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER