MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Mengenal Influencer Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis Anda

21 Jun  · 
2 min read
 · 
eye 18.626  
Influencer / KOL Marketing

redcomm

Jika menerapkan strategi digital marketing di media sosial, pertimbangkan untuk menggunakan jasa influencer marketing. Influencer adalah orang yang punya pengaruh besar di media sosial dan bisa membantu mensukseskan kegiatan pemasaran dan promosi yang Anda lakukan. Simak selengkapnya di artikel ini.

Apa Itu Influencer Marketing?

Anda pasti pernah melihat ada akun di media sosial yang memiliki banyak pengikut dan apa pun yang dibicarakan di akun tersebut, selalu ramai dengan interaksi. 

Bahkan ketika pemilik akun mempromosikan suatu bisnis, para followers banyak yang ikut membeli atau menggunakan produk yang dipromosikan. Nah, pemilik akun seperti ini bisa disebut sebagai influencer.

Tidak hanya selebritis, biasanya seorang influencer bisa pula berasal dari orang yang berprofesi sebagai blogger, YouTuber, atau publik figur yang memiliki peran penting di kalangan tertentu.

Mereka bisa menjadi trend setter untuk skala kecil maupun besar. Karena itu, banyak pemilik bisnis yang bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk, jasa, maupun layanan yang disediakan. Inilah yang kemudian dikenal sebagai influencer marketing.

Keuntungan Menggunakan Jasa Influencer Marketing

Influencer marketing termasuk dalam kategori native ads, yaitu konten berbayar yang bentuk, fungsi, dan kualitas kontennya menarik perhatian dan mengundang audiens untuk mencari tahu lebih banyak.

Itulah sebabnya, influencer marketing menjadi salah satu strategi pemasaran online yang cukup efektif. Salah satu manfaat dari influencer marketing adalah dapat meningkatkan brand awareness, membangun interaksi dengan audiens, bahkan bisa meningkatkan penjualan.

Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa keuntungan bekerja sama dengan jasa influencer marketing:

1. Memperluas Pangsa Pasar

Dengan melakukan endorsement melalui influencer, otomatis akan memperluas pangsa pasar. Itu karena para influencer memiliki pengikut yang aktif dalam interaksi, seperti saling memberi like maupun komentar.

Lalu ketika Anda bekerja sama dengan influencer tersebut, maka informasi apa pun mengenai bisnis dan produk bisnis Anda, akan cepat tersebar serta diketahui oleh para followers-nya.

Misalnya influencer kemudian menyarankan untuk menggunakan produk Anda karena bagus, para pengikutnya juga akan banyak yang ikut menggunakan produk Anda. Dampak berikutnya, akan ada lebih banyak orang mengenal bisnis Anda.

Nah, agar  bisa bekerja sama dengan influencer yang tepat, coba baca artikel berikut: 5 Hal Dasar yang Perlu Diperhatikan saat Memilih Influencer untuk Digital Campaign

Tetapi kalau Anda belum punya pengetahuan menjalankan strategi influencer marketing, alangkah baiknya kalau Anda bekerja sama dulu dengan digital agency Jakarta

Tim dari agensi digital biasanya sudah berpengalaman dalam menjalankan strategi social media campaign, termasuk influencer marketing.

2. Menghasilkan Word Of Mouth

Ketika seseorang memberikan informasi atau rekomendasi tentang suatu produk, layanan, atau merek melalui akun pribadinya, inilah yang disebut penyebaran informasi dari mulut ke mulut atau disebut juga Word Of Mouth.

Cara pemasaran ini sudah terbukti efektif, apalagi jika bersumber dari orang yang menggunakan produk atau jasa Anda secara langsung. 

Fakta yang tak bisa dipungkiri, promosi dari mulut ke mulut masih menjadi salah satu cara pemasaran yang paling ampuh, bahkan di era digital seperti sekarang. Hal ini dibuktikan dalam Global Trust Advertising Nielsen. 

Pada hasil riset tersebut disebutkan bahwa kurang lebih 83% konsumen benar-benar mempercayai rekomendasi dari orang yang mereka kenal. Angka ini lebih tinggi dari iklan TV yang mendapatkan kepercayaan konsumen sekitar 63%.

3. Membangun Kedekatan dengan Konsumen

Anda perlu membangun kedekatan dengan konsumen. Caranya, bekerja sama saja dengan influencer yang sangat menyukai produk Anda. 

Biasanya, sebagian besar mikro influencer cenderung menggunakan produk yang mereka minati terlebih dahulu sebelum merekomendasikannya kepada followers

Bagi pengikut influencer tadi, hal ini jelas lebih menarik, karena memberikan kesan nyata dan sudah ada buktinya. Dalam kondisi seperti itu, kedekatan konsumen dengan produk Anda dapat dibangun lebih kuat.

 

Itulah penjelasan singkat tentang influencer marketing dan manfaatnya untuk promosi dan pemasaran bisnis. Nah, agar penerapan strategi influencer marketing tepat sasaran, Anda juga perlu tahu Tren Influencer Marketing Terbaru.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER