Pemasaran media sosial tidak bisa hanya dianggap sebatas membuat postingan promosi atau berjualan produk saja di akun media sosial bisnis. Pada artikel ini, Anda akan diajak untuk mengetahui rahasia pemasaran melalui media sosial sehingga bisnis Anda laris manis. 

 

Rahasia Marketing Media Sosial

Media sosial adalah alat pemasaran yang sempurna untuk memperluas jangkauan pelanggan secara organik. Untuk mencapai hal tersebut, sangat penting menggunakan metode pemasaran media sosial secara tepat. Jika penerapan strategi marketing di media sosial Anda tepat sasaran maka bisa mendorong konsumen melakukan transaksi, yang pada akhirnya meningkatkan keuntungan bisnis Anda. 

 

Berikut ini adalah rahasia pemasaran melalui media sosial yang bisa Anda terapkan.

 

 

  1. Gunakan Dinamika Facebook Ads

Dengan memanfaatkan dinamika Facebook ads, Anda dapatkan menautkan akun media sosial bisnis Anda langsung ke halaman produk, baik yang dipasang di akun itu sendiri, di website resmi milik brand Anda, atau ke e-commerce. Ini juga memungkinkan Anda berkreasi dalam menyusun dan menerapkan konsep iklan yang lebih kreatif berdasarkan segmen pasar yang disesuaikan dengan produk atau layanan yang Anda sediakan. 

 

  1. Mengkombinasikan Kunjungan Offline  dengan Promosi Online

Tujuan dari promosi di media sosial bisa untuk mempengaruhi dan mendorong pelanggan melakukan pembelian produk secara online. Namun di saat yang sama, Anda bisa mengkombinasikan antara promosi online dengan kunjungan ke toko offline Anda untuk mendapatkan pengalaman berbelanja yang lebih baik sekaligus merasakan layanan ekslusif yang Anda tawarkan. 

 

Contoh, Anda melakukan promosi suatu produk di akun media sosial bisnis Anda. Di dalam promosi tersebut juga disebutkan bahwa ada promosi potongan harga tertentu dan hadiah menarik tambahan bagi pelanggan yang melakukan pembelian di toko terdekat pada hari dan jam yang ditentukan. Dengan cara ini, pelanggan yang tertarik akan berusaha untuk mendapatkan promosi yang Anda tawarkan. Jangan lupa, lakukan konversi dalam bentuk lain misalnya meminta pelanggan yang datang ke toko online untuk menjadi member atau mengisi data pelanggan. Kelak, data mereka bisa Anda gunakan untuk melakukan promosi lain yang jauh lebih menarik.

 

 

  1. Buatlah Pelanggan Rela Hati Memberikan Review

Kekuatan review produk di media sosial sangat besar dampaknya untuk bisnis ritel yang ingin membangun kredibilitas online. Ada cukup banyak survei yang telah dilakukan dan menemukan fakta bahwa hampir 90 persen konsumen akan mencari dan membaca review secara online, baik di media sosial maupun di website, tentang suatu produk yang hendak mereka beli. Jika review banyak yang mengatakan produk Anda bagus, besar kemungkinan mereka juga akan membeli produk Anda. Sebaliknya, review negatif sangat berbahaya dan bisa membuat minat orang terhadap produk Anda jadi berkurang. 

 

Seperti halnya rekomendasi dari mulut ke mulut, begitu pula cara kerja review dari pelanggan yang pernah membeli dan menggunakan produk Anda. Semakin bagus dan semakin banyak review positif yang bisa ditemukan di internet, semakin besar pula kemungkinan terjadi peningkatan penjualan produk Anda, termasuk bisa menambah banyak pelanggan baru yang mulai membeli produk Anda. 

 

Oleh karena itu, doronglah pelanggan yang sudah pernah membeli dan menggunakan produk Anda untuk memberi tanggapan atau review positif, baik di media sosial mereka atau dalam bentuk komentar di media sosial bisnis dan website Anda. Sementara jika ada review negatif, tanggapilah dengan profesional atau tawarkan pengganti untuk menebus kekecewaan pelanggan tersebut, entah dalam bentuk pengembalian dana, pemberian voucher diskon, atau penggantian produk. 

 

  1. Gunakan Visual yang Menarik

Dalam studi kasus yang dilakukan oleh perusahaan pemasaran konten Skyword pada tahun 2012, disimpulkan bahwa foto atau tampilan visual yang indah bisa meningkatkan ketertarikan calon pelanggan untuk iklan yang ditayangkan di media sosial. Dari hasil studi ini bisa dikatakan bahwa postingan iklan atau promosi bisnis yang mengkombinasikan foto berkualitas bagus atau video yang unik, disertai keterangan produk yang detail pada caption, bisa meningkatkan kemungkinan pelanggan melakukan pembelian.

 

 

  1. Pilih Platform yang Sesuai Bisnis

Ada banyak platform media sosial yang dapat digunakan untuk kepentingan bisnis Anda, mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, hingga TikTok. Anda tidak harus menggunakan semua platform media sosial untuk memasarkan produk Anda. Pilih dua hingga tiga platform saja yang sesuai dengan value produk Anda dan target market yang hendak Anda jangkau. Terlalu banyak menggunakan platform media sosial hanya akan berdampak pada kurangnya fokus dalam pengelolaan dan produksi konten yang berkualitas.

 

  1. Rajin Posting

Memanfaatkan media sosial untuk meningkatkan engagement pada akhirnya bergantung pada konsistensi Anda. Waktu terbaik untuk melakukan posting di setiap jaringan media sosial, antara lain sekitar pukul 8:00 hingga 9:00 pagi. Pada jam istirahat kerja sekitar pukul 13:00 hingga 14:00, dan pada sore hari dengan waktu optimal sekitar pukul 16:00 hingga 19:00.

 

Setelah Anda memahami bagaimana rahasia pemasaran di media sosial sebagai senjata untuk bisnis Anda, maka peluang Anda untuk mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan jadi semakin besar. Selamat mencoba dan semoga sukses.