Instastory merupakan salah satu fitur Instagram yang banyak digunakan saat ini dan termasuk salah satu fitur favorit. Ini karena menggunakan Instastory menjadikan konten yang dibuat tampak lebih interaktif dan unik. Pertanyaannya, bagaimana cara memanfaatkan Instastory untuk melakukan pemasaran secara online? Pada artikel kali ini, Anda akan menemukan strategi memanfaatkan Instastory untuk promosi bisnis dan produk Anda. 

 

Strategi Memanfaatkan Instastory untuk Promosi

Instagram story, atau yang sering pula disebut Instastory, biasa digunakan oleh para pengguna Instagram untuk berbagi cerita. Bisa tentang berbagi lokasi dan keberadaan mereka di suatu tempat, membuat live streaming dan langsung menceritakan sesuatu bagi para followers, atau berbagi pengalaman, tips, dan sebagainya. 

 

Di sisi lain, Instastory ternyata juga bisa dimanfaatkan sebagai media promosi online dengan cara yang kurang lebih sama seperti penggunaan personal tadi. Anda bisa membuat story bersambung mengenai produk dan bisnis Anda, menceritakan behind the scene orang-orang yang berperan penting dalam bisnis Anda, tips menggunakan produk dengan benar, dan sebagainya.

 

Menggunakan Instastory secara optimal dan kreatif bisa membuat Anda memancing lebih banyak followers untuk bergabung dan menciptakan interaksi terkait produk, layanan dan bisnis Anda. Jika hal ini dilakukan secara tepat dan efektif, maka bisa pula meningkatkan brand awareness, memperbesar peluang terjadinya konversi penjualan, menambah jumlah follower aktif, bahkan bisa mendatangkan banyak pelanggan ke online store atau website bisnis Anda.

 

Berikut ini strategi memanfaatkan Instastory untuk promosi secara optimal. 

 

 

  1. Membuat Perencanaan Konten yang Menarik dan Interaktif

Strategi pertama yang harus dilakukan saat hendak memaksimalkan fungsi Instagram story adalah membuat perencanaan yang matang serta terukur, terkait konten yang hendak ditayangkan. Konten di sini sebaiknya sudah sejak awal dirancang untuk menjadi konten yang menarik dan interaktif. 

 

Perencanaan yang matang memudahkan proses produksi konten dan membuat hal-hal kecil yang sebelumnya tak terpikirkan, malah bisa dioptimalkan untuk menjadi ide yang mungkin out of the box. Dari perencanaan yang disusun secara teliti, detail, dan terstruktur inilah, Anda akan bisa membuat konten yang menarik untuk ditayangkan di story Instagram, baik dalam bentuk teks, image, infografis, video, dan sebagainya. 

 

Tips membuat konten yang menarik untuk Instagram stories, antara lain:

 

- Buat caption dengan kata-kata yang singkat, jelas, dan mudah dimengerti.
- Gunakan emoji yang sudah tersedia dengan bijak dan sesuai dengan konten Anda. Tidak berlebihan hingga terlihat norak.
- Sesekali gunakan foto atau video dengan backsound musik yang menarik agar followers tidak bosan melihat stories Anda.
- Gunakan format ukuran dan durasi yang tepat. Untuk gambar atau video berukuran 1080 x 1920 pixel dan durasinya biasanya sekitar 15 detik.
- Gunakan berbagai aplikasi untuk menghasilkan foto atau video yang lebih unik, seperti Unfold, inShot, atau Story Art.

 

  1. Kreasikan Konten dan Manfaatkan Video

Pada Instagram story, sudah tersedia banyak sekali fitur yang bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan konten yang khas Anda dan berbeda dengan kebanyakan konten yang sudah ada. Pastikan untuk menggunakan semua fitur secara maksimal dalam proses mempromosikan bisnis. Bahkan, Anda bisa mengkombinasikan fitur dan aplikasi maupun jenis konten untuk menciptakan konten yang benar-benar berbeda. 

 

Anda bisa memadupadankan video dan teks atau image menggunakan aplikasi Unfold misalnya, untuk menciptakan satu konten Instastory. Lain waktu, Anda hanya menayangkan konten foto produk dalam bentuk slide per slide yang bergerak secara sambung menyambung untuk memperkenalkan promo apa saja yang sedang berlangsung bulan ini. 

 

Intinya, bebaskan imajinasi dan berkreasilah untuk menciptakan kombinasi konten yang interaktif dan mengundang audiens Anda untuk tertarik, kemudian berpartisipasi dengan mengomentari keunikan konten yang Anda tayangkan.

 

 

  1. Gunakan Hashtag yang Tepat

Penggunaan hashtag merupakan sesuatu yang tidak kalah penting kalau Anda hendak melakukan pemasaran melalui Instastory. Hashtag memiliki dampak besar terhadap setiap konten yang Anda posting. Hal ini dikarenakan, banyak pengguna Instagram dan media sosial lainnya, mencari informasi yang dibutuhkan hanya dari hashtag, tanpa perlu bersusah payah mencari melalui nama akun media sosial.

 

Lebih bagus lagi, jika Anda dapat menciptakan hashtag sendiri dan menjadikannya viral. Dengan cara ini, akan ada lebih banyak audiens yang mengenal bisnis dan produk Anda melalui hashtag tersebut. Jangan lupa, maksimalkan juga fungsi location tag agar konten yang Anda posting bisa jauh lebih maksimal dampaknya.

 

  1. Manfaatkan Fitur Q&A

Saat ini, Instagram telah memiliki fitur Q&A (Questions and Answers). Dengan fitur ini, Anda dapat mengajukan berbagai pertanyaan kepada audiens atau followers Anda, dan memberi kesempatan kepada mereka untuk menanyakan apa pun yang ingin mereka ketahui tentang bisnis dan produk Anda. 

 

Instagram stories yang berisi fitur Q&A merupakan salah satu cara untuk mengajak audiens berinteraksi secara langsung, membangun kedekatan yang bisa berdampak pada peningkatan engagement dan interaksi yang berkelanjutan. 

 

 

Tak hanya beberapa poin di atas, pastikan juga untuk menggunakan fitur Instagram live agar konten Anda memiliki jangkauan yang lebih luas. Live video seperti ini memiliki format interaktif yang jauh lebih fleksibel dibandingkan dengan live video biasa.

 

Di antara kelebihan dari Instagram live, salah satunya adalah para followers Anda akan mendapatkan pemberitahuan secara otomatis saat Anda memposting video terbaru pada akun Instagram. Dengan demikian, video Anda akan memiliki potensi yang lebih besar untuk ditonton lebih banyak orang. 

 

Tentunya, masih ada banyak strategi lain yang bisa Anda pelajari terkait pemanfaatan Instagram story. Anda bisa menemukannya pada Redcomm Knowledge. Untuk berdiskusi dan brainstorming ide dalam menyelenggarakan social media campaign, Anda juga bisa menghubungi social media dan digital marketing agency terpercaya, atau langsung saja kontak ke tim Redcomm yang siap membantu Anda dengan sepenuh hati.