Business to Business (B2B) adalah model bisnis yang berkolaborasi antara perusahaan dengan perusahaan lain. Sederhananya, perusahaan Anda memiliki produk tertentu, lalu produk tersebut didistribusikan melalui perusahaan yang khusus bergerak dalam bidang penjualan sehingga Anda tidak perlu lagi memusingkan masalah penjualan. Anda tinggal menentukan strategi dan target seperti apa yang Anda inginkan. 

 

Dalam merancang digital marketing strategist untuk model bisnis ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dan siapkan dengan baik. Sebab, perusahaan yang berfokus pada business to business biasanya memiliki perputaran waktu penjualan yang lebih lama, sasaran pasar lebih terbatas, serta harga pun cenderung lebih tinggi daripada harga produk umumnya.

 

Kondisi di atas membuat bisnis B2B memiliki tantangan tersendiri. Namun bukan berarti pemasaran digital business to business sulit untuk diterapkan karena faktanya bisnis model ini cukup menguntungkan bagi perusahaan-perusahaan yang terlibat. 

 

 

Tips Digital Marketing Business to Business

  1. Gunakan Strategi Pemasaran Konten 

Digitalisasi dan kemunculan media sosial yang dapat diakses secara gratis membuat siapa pun bisa menjadi content creator. Hal ini merupakan kesempatan bagus bagi model bisnis B2B yang sedang Anda kelola. Memanfaatkan pemasaran konten menjadi investasi yang baik bagi brand, dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

 

Dengan menggunakan pemasaran konten, peluang untuk menjangkau pasar yang sesuai dengan target Anda semakin terbuka lebar. Caranya dengan menghadirkan konten yang relevan, informatif, dan jujur, sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Jika Anda konsisten dalam pemasaran konten, tentu bisa menjadikan nama brand Anda semakin terkenal dan  terpercaya di bidangnya, sehingga konsumen potensial akan bertambah dengan sendirinya.

 

  1. Rancang Ide dan Rencana dengan Hati-hati

Setelah memutuskan hendak menggunakan model pemasaran konten, alokasikan waktu untuk mengembangkan strategi dan perencanaan yang matang. Rancang ide untuk konten selama 12 bulan ke depan, atau setidaknya enam bulan. Pertimbangkan juga berbagai format konten yang mungkin dan paling cocok dengan merek Anda, seperti video, infografis, dan artikel. Memetakan strategi dengan cermat akan sangat membantu proses pemasaran konten Anda di masa depan.

 

Untuk media sosial Instagram, menghadirkan konten foto jauh lebih bagus. YouTube cocok untuk membagikan konten video yang berdurasi panjang. Sementara itu, website bisa menjadi tempat publikasi konten berbentuk tulisan yang memberi informasi bermanfaat bagi pelanggan.

 

 

  1. Gunakan Media Periklanan

Untuk meningkatkan efektifitas pemasaran konten dalam menjangkau audiens yang diinginkan, mengiklankan konten yang sudah Anda buat bisa menjadi solusi. Saat ini, ada berbagai pilihan iklan yang tersedia, salah satunya iklan yang memberikan terobosan baru dalam dunia periklanan digital.

 

Dalam beberapa tahun terakhir, iklan native telah menjadi pilihan banyak pemasar karena tingkat keberhasilannya yang cukup tinggi. Format iklan ini menyesuaikan dengan format konten di situs yang menampilkannya sehingga terlihat lebih natural. Dengan cara ini, native advertising tidak akan mengganggu audiens saat mereka berselancar di website Anda. Selain itu, format ini membuat keterlibatan lebih relevan karena pengguna akan mengklik iklan yang ditampilkan jika mereka benar-benar tertarik.

 

  1. Mempertahankan Konsistensi

Pemasaran digital adalah strategi pemasaran jangka panjang. Hampir tidak mungkin untuk sukses dalam semalam. Kondisi ini membuat digital marketing membutuhkan konsistensi dan kesabaran untuk dapat membangun eksistensi online yang kuat dan konversi secara signifikan. 

 

 

Tips B2B Digital Marketing yang harus Anda coba ini memang terlihat gampang-gampang susah. Namun jangan khawatir, tantangan ini bisa diatasi dengan adanya berbagai tools yang akan membantu Anda melihat apakah langkah-langkah yang Anda lakukan sudah sesuai jalur. Jika masih membutuhkan dukungan dan bantuan dari ahli, Anda bisa menghubungi digital marketing firm yang akan membantu memberi masukan terbaik bagi Anda.