MENU
SEARCH KNOWLEDGE

5 Peran Penting Search Engine Marketing untuk Bisnis Online dan UKM

27 Nov  · 
2 min read
 · 
eye 6.855  
SEO & SEM

redcomm

Search Engine Marketing (SEM) merupakan suatu teknik yang tidak bisa dianggap sepele dalam dunia digital marketing. Sejak SEM mulai populer di kalangan internet marketer beberapa tahun belakangan, peranannya sebagai salah satu strategi digital marketing semakin terlihat dampak positifnya. Maka tak heran, ada banyak pebisnis yang tertarik untuk mengetahui semua hal terkait metode pemasaran search engine ini, demi memiliki performa bisnis yang lebih optimal. Nah, apakah Anda juga tertarik? Jika tertarik, lanjutkan membaca. 

 

Apa Peranan Penting Search Engine Marketing untuk Bisnis Onlinedan UKM? 

  1. Sebagai Metode untuk Mendongkrak Traffic Web 

Wajar rasanya jika setiap website, terutama situs business digital, membutuhkan optimasi yang lebih sebagai upaya mendapatkan potensi terbaik dari peningkatan traffic website. Dari banyaknya metode optimasi web, SEM termasuk satu di antara sekian banyak internet marketing strategies yang dipercaya mampu mendongkrak traffic pengunjung. 

 

Dengan tingginya arus lalu lintas website, tentu dapat memberikan pengaruh yang baik bagi bisnis online Anda. Fakta yang tak bisa dipungkiri, seiring meningkatnya traffic, pengunjung web yang berpotensi menjadi pelanggan pun menjadi semakin tinggi, termasuk di dalamnya terjadi peningkatan konversi dalam bentuk lain yang lebih baik lagi. 

 

 

Bayangkan saja, Anda hanya perlu menempatkan keyword atau kata kunci tertentu secara tepat saat menerapkan metode marketing ini, maka jumlah traffic bisa meningkat sampai berkali-kali lipat. Memang, ada pengetahuan dan tips lain dalam penerapannya. Untuk itu, Anda bisa langsung berdiskusi dengan Redcomm agar mengetahui informasi mengenai SEM dengan lebih spesifik. 

 

  1. Sebagai Cara Mudah Agar Muncul di Halaman Pertama Search Engine 

Jika Anda berprofesi sebagai pemasar digital atau pebisnis yang bekerja sama dengan perusahaan digital advertising agency, tentu Anda sudah mengenal teknik Search Engine Optimization (SEO). Nah, di antara SEO maupun SEM, ternyata ada keunggulan dan kelemahan masing-masing. 

 

Adapun perbedaan paling mencolok dari keduanya, terletak pada anggaran yang perlu disiapkan guna melakukan optimasi situs. Sebenarnya, sudah menjadi rahasia umum jika teknik SEM memerlukan biaya lebih banyak supaya teknik optimasinya mendapatkan hasil yang optimal.  

 

Walaupun biaya yang harus dikeluarkan lebih banyak saat menggunakan SEM, namun peningkatan konversi pun bisa optimal, bahkan dapat membuat return of investment (ROI) menjadi tinggi pula. Mengingat dengan menggunakan SEM, peluang website Anda berada di halaman pertama Google semakin besar. Alasannya, tentu saja iklan pemasaran melalui search engine ini bisa mendapatkan prioritas dalam mesin pencari, bahkan mampu mengalahkan hasil pencarian serupa lainnya. 

 

 

  1. Dapat Meningkatkan Brand Awareness 

Membangun brand awareness perlu dilakukan sejak awal, dan perlu terus dilakukan secara berkesinambungan selama bisnis berjalan. Menggunakan SEM, proses membangun brand awareness ini bisa dilakukan sekaligus dengan pengoptimalan konversi dan traffic. Artinya, dalam satu kali kerja, Anda bisa melakukan beberapa hal sekaligus dengan hasil yang juga bisa Anda rancang sesuai harapan. 

 

Logika sederhananya, ketika web toko online atau bisnis Anda berada di halaman pertama mesin pencari, tentu akan memudahkan konsumen menemukan produk atau brand milik Anda. Maka secara tidak langsung, membuat produk atau brand diketahui dan diingat oleh calon konsumen melalui iklan SEM. 

 

  1. Bisa Mendapatkan Data Demografi Konsumen Secara Gratis 

Menerapkan teknik Search Engine Marketing (SEM) memang dapat mendatangkan lebih banyak manfaat dalam internet marketing services. Pada optimasi lebih lanjut, Anda bisa mendapatkan data konsumen, berupa jenis kelamin, data wilayah, dan minat konsumen. Dengan adanya data ini, Anda dapat melakukan analisis, menetapkan penargetan pasar yang lebih baik di kemudian hari, juga bisa mulai mengkategorikan pelanggan berdasarkan loyalitas mereka. 

 

 

  1. Memudahkan Anda Memasarkan Produk / Bisnis secara Online 

Jika Anda ingin metode pemasaran yang mudah dan juga efektif untuk business digital, pilihlah metode pemasaran dengan SEM. Teknik SEM sebenarnya bukan sesuatu yang sulit dipelajari, mengingat Anda akan dapat merasakan beberapa perbedaan hasil marketing yang lebih positif dari setiap jenis iklan yang ditayangkan. 

 

Itulah peranan penting Search Engine Marketing (SEM) untuk membantu memaksimalkan pemasaran bisnis online dan membantu para pelaku UKM. Semoga bermanfaat!

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER