Cara Kerja Landing Page
Tujuan utama Anda melakukan pemasaran digital dan social media campaign tentu untuk mengarahkan konsumen menuju website atau toko online Anda, bukan?
Jika begitu, Anda perlu merancang landing page yang dapat membuat pelanggan merasa tertarik atau penasaran, sehingga mereka melakukan tindakan masuk ke halaman lain yang bisa meningkatkan konversi.
Supaya lebih mudah memahami cara kerja landing page, berikut contoh landing page SEO friendly yang bisa Anda coba:
- Buat headline yang menarik, namun relevan dengan produk yang mau Anda tawarkan. Bisa juga menempatkan kata kunci pada headline.
- Lengkapi dengan informasi penawaran produk secara singkat dan jelas. Di sini, Anda bisa berfokus pada manfaat dan keunggulan produk yang membedakannya dari produk kompetitor. Supaya memudahkan pelanggan dalam memahami informasi, Anda bisa mengelompokkannya menjadi poin-poin atau menggunakan sub judul.
- Tempatkan Call to Action (CTA) dengan jelas untuk mengajak pengunjung melakukan tindakan yang Anda inginkan. Misalnya, membaca informasi lebih lanjut pada halaman lain, mengisi formulir, atau melakukan pembelian produk. Gunakan kata-kata yang tegas, singkat, namun menggugah.
- CTA juga bisa Anda gunakan dalam bentuk tombol untuk mengarahkan audiens melakukan klik. Misalnya untuk mengarahkan mereka ke halaman pemesanan produk.
- Tambahkan visual menarik berupa gambar atau video singkat dengan kualitas tinggi untuk meningkatkan daya tarik landing page.
- Pastikan landing page pada website bisnis tetap responsif untuk berbagai perangkat.
Sebagus apapun Anda membuat landing page dan merencanakan strategi CTA, tetap saja semua keputusan ada di tangan audiens. Artinya, upaya yang sudah Anda lakukan tidak serta merta dapat mendorong audiens memutuskan memesan produk maupun jasa yang Anda tawarkan.
Namun tenang saja, jika belum bisa mendapatkan penghasilan dari aktivitas ini, Anda tetap mendapatkan keuntungan lain yang akan kami uraikan selanjutnya.
4 Manfaat Landing Page yang Menguntungkan Bisnis Anda
Selain bisa menghasilkan lebih banyak konversi, adanya landing page akan memberikan banyak manfaat yang membuat bisnis Anda untung, antara lain:
1. Lebih Hemat Budget
Keterbatasan budget menjadi salah satu keluhan di kalangan pelaku bisnis UKM saat ingin menerapkan strategi digital marketing. Inilah yang memicu bisnis UKM agak kesulitan untuk naik kelas dan bersaing dengan perusahaan besar.
Nah, manfaat landing page yang pertama, biaya pemasaran jadi lebih ekonomis dan Anda pun bisa berfokus mencapai tujuan pemasaran yang efektif ketimbang menggunakan jenis digital marketing lainnya.
Untuk Anda ketahui, anggaran promosi untuk membuat landing page kurang lebih satu hingga dua juta setiap tahunnya. Sudah jelas bukan, kalau melakukan promosi dengan media website ini lebih hemat budget dan long lasting.
2. Kegiatan Pemasaran Lebih Efektif dan Efisien
Penggunaan landing page yang profesional dan terintegrasi dengan teknik marketing yang tepat dari digital marketing agency Jakarta, akan sangat membantu Anda untuk mencapai goals yang sudah ditentukan.
Landing page mampu memaksimalkan bisnis UKM secara efektif dan efisien dengan cara berikut:
- Memudahkan pelanggan menemukan bisnis atau produk Anda. Artinya secara tidak langsung turut meningkatkan brand awareness maupun produk, jasa, serta layanan lainnya.
- Penyampaian informasi kepada konsumen jadi lebih efektif.
- Mengajak audiens melakukan suatu tindakan dengan memanfaatkan Call to Action (CTA).
- Bisa mengoptimalkan konversi penjualan.