Contoh Influencer untuk Social Media Campaign
1. Food Influencer
Jika produk yang mau Anda promosikan adalah produk kuliner atau makanan, cari influencer yang memang memiliki niche foody.
Contohnya: Ken & Grat @kendandgrat, Hans Danial @Eatandtreats, @Anakjajan, Ria SW @riasukawijaya.
2. Fashion Influencer
Berbeda dengan food influencer, fashion influencer sudah pasti lebih cocok untuk mempromosikan brand fashion.
Platform yang digunakan bisa Instagram, TikTok, atau platform lain semacam YouTube atau blog.
Beberapa contoh fashion influencer terkenal di Indonesia yang bisa Anda bekerja sama, misalnya Tantri Namirah, Sarah Azka @sarahazka, Alika Islamadina, Raivan, dan masih banyak lagi.
3. Podcaster
Podcaster adalah influencer yang membuat konten audio di platform Podcast. Karena bentuknya seperti siaran radio dan banyak juga penggemarnya, Anda bisa lho mengajak Podcaster bekerja sama untuk mempromosikan brand atau produk.
Beberapa Podcaster terkenal yang kontennya banyak digemari oleh audiens penggemar Podcast, antara lain Tara dan Gya di @podcastdaritadi, Ayudia dan Ditto, @restropus milik Randy dan Febri yang ber-niche sepak bola, Adriano Qalbi @podacastawalminggu, dan masih banyak lagi.
Influencer Marketing VS WOM Marketing
Sistem marketing dari mulut ke mulut atau word of mouth memiliki efek domino yang dahsyat. Sebab, bisa menyebar dengan cepat dan benar-benar efektif untuk mempromosikan sebuah produk atau jasa.
Rekomendasi dari orang terdekat, baik itu anggota keluarga, kolega, bahkan teman bisa menjadi keuntungan bagi pemilik bisnis.
Survei Global Nielsen mengatakan lebih dari 50% penjualan dipengaruhi rekomendasi mulut ke mulut dari sesama konsumen. Hasil jenis marketing ini lebih efektif dan lebih tinggi dibandingkan dengan iklan di TV atau media konvensional lainnya.
Namun, seiring dengan perkembangan zaman, informasi digital, dan hadirnya berbagai platform media sosial, word of mouth mulai digantikan dengan kehadiran influencer.
Influencer adalah orang-orang yang berpengaruh di berbagai media sosial dan memiliki pengikut dengan jumlah banyak.
Mereka kemudian bekerja sama dengan brand untuk menjalankan strategi digital marketing guna mempromosikan produk maupun jasa dalam bentuk konten di media sosial.
Jika ingin brand dan produk Anda dibicarakan dari mulut ke mulut, maka tak ada salahnya mencoba strategi influencer marketing. Dengan catatan, Anda bisa menemukan influencer yang tepat untuk diajak bekerja sama.
Jika bingung memilih influencer yang tepat, cobalah bekerja sama dengan top digital agency Jakarta dalam merancang strategi yang tepat. Anda juga bisa menghubungi dan mengajak berdiskusi Tim Redcomm di sini.
Ingin segera mencari dan bekerja sama dengan influencer untuk penerapan social media campaign? Ah, sebentar. Anda harus tahu cara optimal kerja bareng mereka lho. Untuk itu, baca dulu artikel berikut ini: 5 Cara Optimal Kerja Sama dengan Influencer.