MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Cara Menggunakan Keyword Planner untuk Konten SEO

29 May  · 
1 min read
 · 
eye 8.793  
SEO & SEM

redcomm

Google keyword planner adalah tools riset kata kunci yang disediakan Google dan bisa Anda gunakan secara gratis. Yuk, baca kelebihan menggunakan keyword planner untuk riset kata kunci dan cara menggunakan keyword planner.

Cara Menggunakan Keyword Planner Tanpa Memasang Iklan di Google Ads

Dalam menggunakan Google keyword planner, Anda memang diwajibkan untuk membuat akun di Google adwords. Namun jika Anda tidak berniat memasang iklan, tak perlu khawatir. Anda tetap dapat menggunakan alat ini. 

Berikut cara mendaftar Google Ads sebelum melakukan riset kata kunci:

  1. Buka Google Ads. Klik menu “Buka keyword planner” yang berada di dalam kotak berwarna biru. Letaknya ada di sisi bawah.
  2. Klik “New Google Ads Account” untuk membuat menu.
  3. Pilih tujuan Google Ads. Terdapat tiga opsi, yaitu mengarahkan target market untuk menelpon atau menghubungi bisnis, mengarahkan pencarian menuju website, dan mengarahkan audiens untuk datang langsung ke lokasi bisnis.
  4. Masukkan informasi tentang bisnis Anda.
  5. Tentukan jangkauan konsumen dan target pencarian.
  6. Buat headline dan deskripsi.
  7. Tentukan anggaran untuk iklan di Google Ads.
  8. Review iklan dan pastikan semua data yang telah dimasukkan sudah sesuai.
  9. Pilih metode pembayaran. 
  10. Jika tak ingin mengaktifkan iklan, Anda dapat memilih metode manual dan transfer bank. Anda tak perlu melakukan pembayaran, secara otomatis iklan yang Anda buat tidak akan tayang. 

Nah, kini Anda dapat sudah bisa menggunakan Google keyword planner setelah melakukan konfirmasi email.

Cara Menggunakan Keyword Planner untuk Riset Kata Kunci Konten SEO

Melakukan riset kata kunci merupakan langkah penting yang harus ditempuh untuk menghasilkan konten yang efektif dan sesuai kaidah SEO. Tujuannya, agar konten di situs web Anda bisa mendapatkan posisi terbaik di halaman pencarian.

Berikut cara menggunakan keyword planner:

  • Melalui dashboard Google Ads. Klik menu “Tools” yang ada di pojok kanan atas.
  • Pilih keyword planner.
  • Pilih fitur sesuai kebutuhan. Ada dua macam pilihan, yaitu Find Keyword dan Get Search Volume and Forecast.

Jika Anda menggunakan Find Keyword, fitur ini memungkinkan Anda menemukan keyword yang sesuai kebutuhan. Caranya dengan mengetik kata kunci yang disasar. Kemudian, keyword planner akan memberikan hasil pencarian.

Sementara jika memilih Get Search Volume and Forecast, Anda bisa mendapatkan estimasi biaya untuk memasang iklan dengan kata kunci sesuai hasil pencarian.

Melalui menu ini, Anda juga dapat melihat data berkaitan dengan jumlah klik, impresi, CTR, CPC rata-rata, posisi rata-rata, hingga biaya. Meskipun Anda tidak berencana memasang iklan, namun fitur ini dapat dijadikan patokan keyword apa saja yang banyak audiens gunakan.

Setelah memilih fitur sesuai kebutuhan, kini Anda akan menggunakan kata kunci yang dicari untuk optimasi konten SEO

Cara menggunakan keyword planner dalam mencari kata kunci termasuk mudah dan punya banyak kelebihan. Cari tahu yuk apa saja kelebihan menggunakan keyword planner di artikel berikut: Kelebihan Menggunakan Google Keyword Planner untuk Riset Kata Kunci.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER

RELATED TOPIC