MENU
SEARCH KNOWLEDGE

Apa Itu KOL Marketing dan Manfaat KOL Marketing

19 Jul  · 
2 min read
 · 
eye 7.975  
Influencer / KOL Marketing

redcomm

Apa yang dimaksud dengan KOL marketing? KOL marketing adalah teknik pemasaran di mana brand bekerja sama dengan Key Opinion Leader (KOL) untuk melaksanakan kegiatan promosi atau pemasaran. 

Sementara Key Opinion Leader atau KOL adalah orang yang memiliki daya tarik kuat sehingga bisa mempengaruhi para pengikutnya. 

Yuk, cari tahu lebih banyak mengenai apa itu KOL marketing dan manfaatnya dengan membaca penjelasan dalam artikel ini.

Apa Itu KOL Marketing?

KOL marketing adalah strategi pemasaran di mana perusahaan bekerja sama dengan individu atau tokoh terkenal dalam industri tertentu (KOL) untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis.

Biasanya, KOL yang terlibat dalam kegiatan ini memiliki pengikut yang banyak dan berpengaruh di media sosial, blog, atau platform digital lainnya. 

Keahlian dan otoritas pada bidang yang tertentu memungkinkan mereka mempengaruhi para followers sehingga mau mengikuti saran dan rekomendasi yang mereka berikan.

Manfaat KOL Marketing

1. Meningkatkan Interaksi dan Keterlibatan

KOL memiliki pengikut yang loyal dengan tingkat interaksi serta keterlibatan yang tinggi. Maka manfaat bekerja sama dengan KOL memungkinkan Anda meningkatkan brand awareness. Mengapa?

Sebab, pesan pemasaran apa pun yang KOL sampaikan akan bisa diterima oleh followers mereka, bahkan diikuti dengan baik. 

Itulah sebabnya, berkolaborasi dengan KOL yang tepat bisa membuat eksposur bisnis jadi lebih baik, termasuk terjadi peningkatan kesadaran merek.

2. Bisnis Mudah Ditemukan di Mesin Pencari

Ketika Key Opinion Leader (KOL) mempromosikan produk atau layanan bisnis di platform mereka, baik di media sosial, blog, atau platform lainnya, akan membuat bisnis jadi lebih mudah ditemukan di mesin pencari, seperti Google. 

Dengan peningkatan visibilitas online, potensi konsumen berinteraksi langsung dengan bisnis Anda pun semakin besar. 

Apalagi saat ini konsumen sudah terbiasa mencari segala sesuatu di internet terlebih dahulu sebelum mereka mengambil keputusan untuk melakukan suatu tindakan, entah mencari informasi, membandingkan harga produk, bahkan melakukan pembelian.

3. Membuat Bisnis Memiliki Kredibilitas dan Bisa Dipercaya

Anda pasti sering melihat ada orang yang langsung ikut membeli suatu produk setelah melihat idola mereka memiliki produk tertentu. Nah, peran KOL bisa dikatakan seperti seorang idola yang tindakan dan perilakunya diikuti oleh para followers-nya.

Lalu ketika KOL yang Anda ajak bekerja sama dalam penyelenggaraan KOL marketing merekomendasikan produk dan layanan bisnis, bisa jadi akan ada banyak orang langsung membeli dan menggunakan produk dari bisnis Anda. 

Fakta yang terjadi memang konsumen cenderung lebih percaya pada pengalaman nyata yang dibagikan oleh KOL daripada iklan tradisional.

4. Menjangkau Target Audiens yang Tepat

Anda dapat memilih KOL yang memiliki pengikut di segmen pasar yang ingin Anda tuju. Misalnya, untuk memasarkan produk kecantikan, sudah tentu Anda perlu bekerja sama dengan KOL khusus beauty

Sementara jika produk Anda adalah makanan sehat, mungkin KOL yang berprofesi sebagai praktisi gizi atau seorang chef terkenal memiliki potensi lebih baik untuk menjangkau lebih banyak target audiens di segmen makanan sehat. 

Dengan kata lain, KOL yang relevan dengan bisnis bisa sangat membantu dalam upaya menjangkau target audiens yang tepat.

5. Menambah Jumlah Pelanggan

Brand dengan kredibilitas yang baik sudah tentu akan meningkatkan jumlah pelanggan. Dampak yang lebih besar bahkan bisa Anda dapatkan kalau bekerja sama dengan KOL untuk melakukan promosi di media sosial atau platform digital lainnya. 

Selain berkat pemasaran yang dilakukan oleh KOL, peningkatan jumlah pelanggan juga bisa berasal dari banyaknya ulasan positif yang diberikan oleh pelanggan yang puas dengan brand Anda.

6. Membantu Mempromosikan Produk dan Layanan Bisnis

Bekerja sama dengan KOL dalam kegiatan KOL marketing juga memudahkan Anda dalam mempromosikan produk serta layanan bisnis. 

Umumnya, KOL memiliki jumlah followers yang besar. Jika KOL melakukan promosi di media sosialnya dengan cara yang menarik, maka followers yang ada di akun media sosial KOL tersebut sudah tentu akan mengenal bisnis Anda. 

Bahkan audiens yang tertarik bisa langsung membuka akun bisnis Anda, mencari tahu mengenai produk dan benefit yang bisa mereka dapatkan, dan akhirnya melakukan pembelian.

Kalau ini yang terjadi, keuntungan bisnis Anda pun bisa mengalami peningkatan yang signifikan.

7. Menciptakan Penjualan

Selain mampu mempengaruhi, KOL juga punya kemampuan untuk mengedukasi audiens mengenai produk dan layanan bisnis. Ini cara terbaik untuk mengenalkan bisnis kepada masyarakat luas, menjangkau lebih banyak calon pelanggan, dan memperbesar peluang terciptanya penjualan.

Oh ya, kekuatan word of mouth masih berlaku lho hingga saat ini. Maka wajar kalau para pengikut setia KOL yang bekerja sama dengan Anda akan dengan senang hati mengikuti saran dan rekomendasi dari KOL terkait produk atau layanan bisnis yang sedang dipromosikan.


Masih ingin tahu lebih banyak mengenai KOL? Yuk, lanjutkan membaca tentang Cara KOL Mempromosikan Bisnis Anda. Selain itu, Anda juga perlu tahu Cara Brand Memanfaatkan Top Hashtag untuk memaksimalkan promosi.

SUBSCRIBE NOW

RELATED TOPICS:

DISCOVER MORE OF WHAT MATTERS TO YOU

SUBSCRIBE NEWSLETTER